Kaleidoskop 2016

kaleidoskop-2016
My Best Nine 2016

Gak kerasa udah masuk tahun 2017 ya dan 2016 telah menjadi kenangan. Sebelum nulis resolusi buat 2017 mari kita lihat dulu apa aja yang terjadi dalam kehidupanku selama 2016. Harusnya tulisan ini aku buat sebelum tahun 2016 berakhir tapi karena beberapa kesibukan baru sempet nulis (halah, sok sibuk). Singkat aja ya biar cepet selesai. Resolusiku di awal tahun kemarin pengen banyakin jalan mengeksplore Madura dan menuliskannya di blog. Aku rasa resolusiku sudah 90% terealisasi ya meskipun masih banyak tempat lainnya yang belum aku kunjungi. Tahun kemarin aku tidak menargetkan mau kemana dan harus kemana yang penting jalan aja kemana kaki ini melangkah (gak usah lebay). Lebih banyak sih ke tempat-tempat yang belum banyak dikunjungi orang. bahkan lebih banyak tempat yang aku kunjungi bukan merupakan tempat wisata tapi memiliki keindahan yang gak kalah asyik. Dan ini dia rangkuman perjalanku selama setahun kemarin. Continue reading “Kaleidoskop 2016”

Ini alasan kenapa kamu harus ke perpustakaan FEB Unair saat akan menyusun skripsi

Hai, kenalkan namaku Titim. Aku alumni Universitas Trunojoyo Madura jurusan Ekonomi Pembangunan bukan alumni Universitas Airlangga (Unair) loh, ya. Eh, ngomong-ngomong soal Unair aku jadi inget sama masa-masa penuh perjuangan saat menyusun skripsi. Tugas akhir yang membuat kita merasakan menjadi mahasiswa yang sebenarnya. Ya, empat tahun lalu saat aku jadi galau bin labil karena mencari tema dan judul yang pas untuk memulai menggarap skripsiku. Aku kasih bocoran dikit ya, buat kamu mahasiswa ekonomi dan akan mulai menyusun skripsi aku sarankan untuk pergi ke perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair. Bagiku perpustakaan FEB memberi inspirasi dalam memilih tema penelitian.

 Kenapa harus ke perpustakaan FEB Unair?

Continue reading “Ini alasan kenapa kamu harus ke perpustakaan FEB Unair saat akan menyusun skripsi”

Datang kemudian Berlalu

Sumber gambar di sini

Pupil mataku membesar melihat deretan 12 angka tertera di layar 5 inchi yang tergeletak di samping bantal. Segera kugeser gambar gagang telfon berwarna hijau dengan ibu jari lalu menempelnya di telinga.

“Halo, Assalamualaikum.” sebuah suara yang sangat kukenal memenuhi gendang telinga.
Continue reading “Datang kemudian Berlalu”

Workshop Entrepreneurship by FOKAL MQ

entrepreneurship-fokal

Pamekasan, 20 Maret 2016

Alhamdulillah, acara Workshop Entrepreneurship yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Alumni (Selanjtunya disebut FOKAL) MA Miftahul Qulub berjalan dengan lancar. Bertempat di Pendopo Wakil Bupati Pamekasan acara ini mengusung tema “Menumbuhkan Minat Berwirausaha dalam Menghadapi MEA, Siapa Takut?”. Seperti yang kita tahu, tahun 2016 ini Indonesia menghadapi pasar bebas ASEAN yang biasa kita sebut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Karenanya tujuan diadakannya acara ini untuk memberikan wawasan kepada kita kaum muda agar mau berwirausaha. Supaya mampu berdaya saing di kancah pasar bebas ASEAN. Continue reading “Workshop Entrepreneurship by FOKAL MQ”

Memetik Inspirasi dari Hijrahnya Peggy Melati Sukma

Peggy-melati-sukma

Kali ini pengen ngereview sebuah acara yang aku ikuti minggu kemarin. Inspirasi hijrah dan sedekah kemanusiaan dengan pembicara Peggy Melati Sukma. Acara ini bertempat di aula SMKN 3 Pamekasan di Jl. Kabupaten. Sebelum acara dimulai, aku sama DIk Fifit shalat ashar di mushala dulu sedangkan Ila menunggu di parkiran karena tamu bulanannya lagi dateng. Continue reading “Memetik Inspirasi dari Hijrahnya Peggy Melati Sukma”

Perpanjang STNK Gak Pakek Lama

17 Oktober 2015. Batas terakhir perpanjangan STNK Si Biru, motor yang selalu setia menemani kemanapun aku pergi. Karena aku warga Negara Indonesia yang taat membayar pajak maka hari ini aku ke kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Pamekasan tadi siang. Jadi aku mau share aja ceritaku di sana.

Biar gak sendirian aku ngajakin Ulva karena kebetulan beberapa waktu lalu dia udah perpanjang STNK. Setelah memarkir motor di belakang, kita berjalan ke bagian depan. Untuk perpanjangan STNK syaratnya cuma bawa STNK asli sama KTP Asli aja. Dulu biasanya ngasih STNK dan KTP yang ditaruh didalam map buat di stempel di loket yang ada di depan Samsat. Tapi sekarang gak usah pakek map tapi harus ngisi formulir yang berisa identitas kendaraan dan pemiliknya yang tersedia di meja.

perpanjang-stnk perpanjang-stnk

Continue reading “Perpanjang STNK Gak Pakek Lama”

Tentang Persahabatan, Cinta, dan Mimpi 5 Cm

film-5-cm-5-sahabat-sutradara-rizal-mantovani
Negeri di atas Awan

   Tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya

Kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya

Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya

Leher yang akan lebih banyak melihat ke atas

Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja

Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya

Serta mulut yang akan terus berdoa

                Tentu tidak asing lagi kan dengan quote di atas. Secara filmnya udah booming banget di tahun 2012. Iya apa lagi kalau bukan film 5 Cm. Film yang inspiratif dengan banyak quote yang memotivasi. Aku suka banget film ini, pemainnya keren-keren. Ada Herjunot Ali, Fedi Nuril, Raline Syah, Densu alias Deni Sumargo, Igor Saykoji dan Pevita Pearce.

Selalu bersama tanpa melewatkan satu weekendpun buat nongkrong bareng selama 10 tahun. itulah mereka, makhluk bernama Manusia dengan karakternya masing-masing. Zafran dengan puisi-puisi dan syair-syairnya. Arial dengan tubuh atletisnya yang demen banget sama kecap, tapi kalau untuk urusan cewek dia jadi kaku. Genta, jiwa kepemimpinannya yang sangat kuat. Riani makhluk paling cantik diantara mereka yang smart dan tegas. Nah yang paling unik nih ada Adrian Adriano alias Ian, paling menonjol karena tubuhnya yang besar. Suka main game, gemar makan indomie, dan satu lagi kebiasaan yang kurang baik (gak usah disebutin ya). Continue reading “Tentang Persahabatan, Cinta, dan Mimpi 5 Cm”

Masa Kecil yang Memorable

20151003_070249
Aku di masa kanak-kanak 🙂

Lihat foto ini kadang bikin aku senyum-senyum sendiri. Masak si ini aku? Unyu banget deh. Apalagi gayanya tegap berdiri tanpa ekspresi gitu. Kelihatan polos banget. Padahal aslinya gak bisa diem dan atraktif. Bagiku masa kecil itu memorable banget. Itu karena masa-masa itu kaya dengan berbagai macam permainan yang menyenangkan dan penuh petualangan.

Aku suka sekali main sepak bola bareng anak cowok di tanah kering deket rumah. Aku cukup jago loh main bolanya, bisa mencetak beberapa gol ke gawang lawan. Tapi kalau ketahuan Mbahku bakalan diteriakin suruh berhenti. Kalau sudah ada intimidasi kayak gitu mesti berhenti sebentar. Baru kalau Mbahku sudah tidak terlihat lanjut deh main lagi. Bandelnya diriku dulu, hehe. Continue reading “Masa Kecil yang Memorable”

Mengharapkanmu adalah Sebuah Dosa

Saat membuka mata pagi ini yang terlintas pertama kali dalam benak adalah kamu. Semalam kamu hadir dalam mimpiku terasa begitu nyata. Dengan tubuh masih terbungkus selimut ku raih ponsel di sebelah bantal. Jemariku cepat mengetikkan namamu di pencarian facebook. Dan kamu kembali bertahta menjadi pencarian teratas setelah sekian lama terhapus semua jejak pencarian namamu. Ya begitulah yang kulakukan setiap kali aku mengingatmu. Tak ada aktifitas baru, foto profilmu juga masih sama seperti yang kulihat terakhir kali beberapa minggu lalu. Dindingmu juga hanya berisi tag-tag dari teman-temanmu. Ah, facebookmu sudah tak semenarik dulu, dimana aku bisa tahu semua kegiatanmu di sana dari foto dan status yang rutin kau perbarui. Aku juga tidak menemukan status-statusmu yang khas, dimana aku bisa turut bersemangat setelah membacanya. Continue reading “Mengharapkanmu adalah Sebuah Dosa”

Berasa jadi pegawai Pajak

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pamekasan
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pamekasan

Hari selasa kemarin aku bareng Puput ke kantor Pajak Pratama di Jalan R. Abdul Aziz No. 111, Pamekasan 69317, Telp : 0324 -322170,322924. Fax : 0324 -322983. Maksud kedatangan dan tujuan kami ke sini (Ceileh, resmi banget bahasanya) adalah untuk mengambil kartu NPWP. Kita sudah daftar online hari Jum’at tanggal 14 Agustus 2015 dan dapet Bukti Penerimaan Elektronik NPWP yang dikirim via email. Di situ sudah tercantum no NPWP dan ada catatan kalau SKT dan kartu NPWP akan dikirim ke alamat tempat tinggal masing-masing. Tapi biasanya kalau nunggu kartunya dikirim waktunya lama banget. Ini berdasarkan cerita temen-temen yang udah pernah buat NPWP loh. Kata superviser di kantorku dia pernah buat NPWP online dan kartunya langsung diambil di kantor Pajak Sidoarjao (ya karena dia orang Sidoarjo). Nah, biar cepet dapet kartunya maka kami ingin mengambilnya langsung ke sini. Continue reading “Berasa jadi pegawai Pajak”