Rencana Menjelajah Banyuwangi besama Skyscanner

banyuwangi
Sumber gambar : jmaluw.blogspot.sg

Halo, halo. Ngomong-ngomong soal destinasi impian, Indonesia sebagai Negara kepulauan menyajikan beragam keindahan yang tak pernah habis untuk dijelajahi. Sebanyak 35 Provinsi yang ada di Indonesia menawarkan kekhasannya masing-masing. Dari Sabang sampai Merauke memiliki keindahan alam, tradisi, dan budaya yang beragam. Indonesia, Nusantara nan eksotis.

Tahun ini aku pengen mengeksplore lebih banyak tempat wisata di Jawa Timur. Pengen melebarkan sayap keluar dari Madura gitu. Bulan Februari kemarin aku sudah mengeksplore keindahan Bromo dan Air Terjun Madakaripura. Nah Setelah ini maunya traveling ke Banyuwangi, kabupaten paling timur di Pulau Jawa yang sangat dekat dengan Pulau Bali. Kabupaten yang berjuluk Sunrise of Java ini memiliki keindahan alam dan keberagaman budaya yang tak kalah dengan Bali loh. Sebut saja Kawah Ijen, Baluran, dan sejumlah pantai eksotis yang sangat menggoda untuk didatangi.

Sebelum melakukan sebuah perjalanan, penting banget nih menyusun rencana terlebih dahulu mulai jauh-jauh hari. Aku sendiri bukan tipe orang yang bisa langsung berangkat gitu aja ke suatu tempat. Rasanya ada yang kurang kalau tidak direncanakan dengan detail saat akan traveling. Jadi, dari sekarang aku sudah mulai mencari info sebanyak-banyaknya tentang Banyuwangi.

Destinasi Wisata Banyuwangi yang ingin aku kunjungi

Destinasi Wisata di Banyuwangi banyak sekali ragamnya. Tidak mungkin dapat menjalajahi semua dalam satu kali kunjungan. Karena ini akan menjadi kunjungan pertama aku menyusun list destinasi wisata yang menjadi andalan Bnayuwangi.

Kawah Ijen

banyuwangi
Sumber : travel.kompas.com

Dimana lagi dapat menyaksikan Blue Fire (api biru) kalau bukan di Kawah Ijen yang berada dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Fenomena alam unik yang terjadi hanya di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Kawah Ijen. Blue Fire merupakan hasil reaksi dari gas bumi yang bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu.

Selain Blue Fire Gunung Ijen juga memiliki danau kawah paling asam terbesar di dunia. Tingkat keasaman yang sangat tinggi mendekati nol bisa melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Danau Kawah yang berwarna hijau tosca dengan semburan asap di beberapa bagian terlihat sangat cantik. Di sini kita juga bisa menyaksikan para penduduk lokal yang sedang menambang belerang.

Baluran

banyuwangi
Sumber gambar : muhdhito.me

Orang-orang menyebutnya Africa Van Java atau Little Africa. Di Taman Nasional Baluran (TNB) terdapat padang savanna yang sangat luas dengan banyak satwa liar layaknya di Africa.

Waduk Bajul Mati

Daya tarik utama tempat ini adalah kemiripan pemandangan alamnya dengan pemandangan di Raja Ampat. Bukit-bukit kecil yang dikelilingi air membuatnya seperti miniatur Wayag Raja Ampat. Waduk Bajul Mati dapat menampung air hingga 10 juta meter kubik yang bisa mengaliri persawahan seluas 1.800 hektar di wilayah Banyuwangi dan Situbondo.

Desa Wisata Osing Kemiren

banyuwangi
Sumber gambar : xplorea.com

Jika ingin melihat tradisi asli masyarakat Banyuwangi kita harus mengunjungi Desa Wisata Osing Kemiren. Kita akan disuguhkan berbagai macam atraksi seni dan budaya khas yang dijalankan secara turun temurun. Untuk menjaga kelestariannya pemerintah telah menetapkan Desa Kemiren sebagai daerah cagar budaya dan mengembangkannya sebagai Desa Wisata Osing. Kesenian yang terkenal di sini yaitu tradisi gedhongan dimana para perempuan memukul-mukul lesung dan alu sehingga menimbulkan bunyi yang enak didengar. Kita juga dapat melihat bentuk rumah-rumah tradisional khas suku Osing di sini

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah Bisa ditempuh dalam waktu dua jam menggunakan kendaraan roda empat atau sepeda motor dari Kota Banyuwangi atau sekira 60 km. Pantai ini memiliki ciri khas yaitu adanya sebuah bukit setinggi 200 meter di bibir pantai yang mirip seperti pantai di Brazil. Menariknya ombak di sini cocok banget buat para peselancar baik pemula maupun professional. Waktu paling ideal untuk berselancar adalah bulan Mei hingga Desember. Menyaksikan para peselancar beraksi pasti akan sangat menghibur.

Pantai Teluk Hijau

banyuwangi
Sumber gambar : blog.reservasi.com

Pantai teluk hijau atau Green Bay terletak di dalam area Taman nasional Meru Betiri, Sarongan-Pesanggrahan Banyuwangi. Pantai ini memiliki keindahan pantai yang masih alami. Air lautnya berwarna hijau disebabkan oleh tumbuhan Alga yang berada di dasar laut. Selain itu terdapat air terjun tak jauh dari pantai membuat tempat ini semakin istimewa.

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade dikenal sebagai tempat penangkaran penyu di Banyuwangi. Di sini kita dapat menyaksikan secara langsung bagaimana penyu bertelur. Dan yang paling seru kita juga bisa mengikuti kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) ke laut. Pasti bakalan seru banget.

Jelajah Banyuwangi bersama Skyscanner

skyscanner

Banyuwangi dapat ditempuh dari Surabaya dengan naik bus atau kereta, lama perjalanan sekitar 7-8 jam. Kabar baiknya Banyuwangi juga dapat ditempuh melalui jalur udara dari Surabaya. Nah cari tiketnya bisa langsung di Skyscanner biar lebih hewat waktu dan uang. Skyscanner merupakan situs pencarian tiket pesawat, hotel, dan sewa mobil yang menyediakan perbandingan harga secara online, cepat dan terpercaya di seluruh dunia. Bisa dibilang Skyscanner merupakan solusi impian dalam menrencanakan perjalanan manis yang simpel, akurat dan cepat. Ada beberapa fitur Skyscanner yang dapat menjawab kemana, kapan, dan bagaimana mendapatkan cara mendapatkan tiket termurah. Langsung aja yuk meluncur ke Skyscanner.

Mana Saja

skyscanner

Masih bingung mau kemana? Tenang aja. Skyscanner punya fitur “Mana saja” yang dapat membantu untuk memilih destinasi wisata dengan tiket penerbangan yang menarik. Ketik aja nama Kota di kolom keberangkatan dan pilih “Mana saja” di kolom destinasi. Skyscanner akan menampilkan destinasi internasional maupun lokal menurut harga tiket dari yang termurah sampe yang termahal. Jika ingin penerbangan domestik pilih saja Indonesia nantinya akan tampil pilihan penerbangan ke semua bandara-bandara yang ada di Indonesia. Pilih tuh kota mana yang cocok sebagai tujuan traveling.

Bulan Termurah

skyscanner

Berhubung aku pengennya ke Banyuwangi jadi aku mengisikan Surabaya (SUB) – Blimbing (BWX) pada kolom keberangkatan dan destinasinya. Nah canggihnya Skyscanner ada fitur “Bulan Termurah” yang membantu mencari kapan waktunya harga tiket termurah. Tahu banget kan waktu yang pas dan keinginan menghemat budget.

skyscanner

Setelah aku cek tersedia Tiket Pesawat Garuda Indonesia untuk rute penerbangan dari Surabaya menuju Banyuwangi. Pesawat Garuda Indonesia melayani 4 kali jadwal penerbangan  dari Surabaya pukul 11.45, 05.55, 07.50, 06.15. Sedangkan untuk rute dari Banyuwangi ada 3 kali rute yaitu pukul 07.30, 13.15, 12.40.

Info Harga

skyscanner

Aku juga pakai fitur “Info Harga” untuk mendapatkan update harga terbaru pada jadwal keberangkatan yang sudah aku tandai. Secara harga tiket pesawat itu kan naik turunnya cepet banget. Jadi kalau ada penurunan harga bisa segera booking. Caranya gampang banget, klik tulisan “Dapatkan Info harga” bergambar lonceng di bagian kanan. Masukkan alamat email kemudian klik “kirim info harga”. Skyscanner akan mengirimkan email setiap kali ada update harga terbaru.

skyscanner

Nah kalau sudah cocok tanggal dan harga klik pilih kemudian pesan. Selanjutnya mengarah pada situs resmi Garuda Indonesia untuk proses booking Tiket Pesawat Garuda sehingga mendapatkan harga termurah tanpa biaya ekstra. Udah selesai. Gampang kan? Rencana liburan lebih mudah dengan Skyscanner. Kalau kalian lagi merencanakan liburan kemana nih?

Disclaimer:

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner

17 thoughts on “Rencana Menjelajah Banyuwangi besama Skyscanner

Terima kasih sudah komen :)