5 Alasan Opentrip Membuat Liburan Jadi Mudah

bromo

Kamu pernah gak, pengen jalan-jalan tapi gak ada teman yang bisa diajak? Atau pengen jalan-jalan tapi gak punya banyak waktu buat liburan ke tempat yang agak jauh? Aku banget nih. Gak ada partner dan waktu yang terbatas selalu menjadi kendala saat akan traveling. Tapi ada banyak jalan kan, menuju Roma. Ada banyak cara pula untuk tetap bisa traveling. Jadi, Aku nyoba ikutan opentrip waktu ke Bromo Februari kemarin.

Apa itu Opentrip?

Kamu yang doyan traveling pasti familiar dong dengan istilah ini. Opentrip merupakan liburan gabungan dengan rencana yang sudah tertata rapi dari operator perjalanan. Untuk ikut opentrip aku mendaftar pada salah satu travel agent yang membuka open trip ke Bromo-Madakaripura. Waktu itu aku mendaftar H-2 keberangkatan, untung masih kebagian seat.

Jaman sekarang sudah banyak sekali travel agent yang membuka layanan opentrip ke berbagai tujuan wisata. Tinggal pilih mau kemana, lihat jadwal dan harga, kalau cocok jalan deh. Segampang itu. Opentrip menjadi problem solving dan ini alasan kenapa opentrip membuat #LiburanJadiMudah versi aku.

Gak takut traveling sendirian

Bromo

Ini nih alasan nomor wahid kenapa aku memilih ikut opentrip ke Bromo. Susah banget nyari partner traveling dan aku masih belum berani kalau harus traveling ke tempat-tempat baru sendirian. Berangkat dari rumah memang sendirian serasa solo traveling. Terus nyampek Surabaya ketemu sama travel agent dan ngetrip sama teman-teman baru, jadi gak sendirian lagi kan.

Lebih efisien

Liburku cuma di hari minggu. Mau main-main agak jauhan dari rumah susah, waktunya mepet. Kalau dalam kota atau daerah Madura aja sih gak ada masalah karena bisa dilakukan dalam sehari. Tapi kan pengen jalan-jalan ke luar Madura juga. Di luar sana banyak sekali tempat-tempat wisata yang ingin aku kunjungi.

Sebelum ke Bromo aku sempat searching bagaimana menuju ke sana. Kalau traveling sendiri aku harus berangkat hari Sabtu pagi. Padahal kan hari Sabtu aku masih masuk kerja. Total perjalanan dari Pamekasan menuju Probolinggo kurang lebih 7 jam. Dan aku harus nyampek Probolinggo sebelum sore karena angkot terakhir menuju Bromo itu sore.

Nah, kalau ikut opentrip aku bisa berangkat sore sepulang kerja. Meeting point di surabaya jam 12 malem. Kemudian berangkat setelah dijemput pihak travel agent. Jadi dari segi waktu ikut opentrip efisien banget buat aku yang liburnya cuma hari Minggu. Jadi aman kan gak perlu ribet ngurus cuti buat jalan-jalan.

Lebih hemat

Budget adalah hal paling penting untuk diperhitungkan saat traveling. Dari awal kita membayar sekian rupiah untuk ikut opentrip sudah mencakup semuanya. Sedangkan kalau traveling sendiri masih harus memperhitungkan biaya transportasi, penginapan, sewa jeep, makan dan lain-lain. Kalau ditotal biaya perjalanan jauh lebih hemat dengan ikut opentrip.

Ketemu banyak teman baru

bromo-madakaripura

Serunya ikut opentrip itu yang pasti bakal ketemu temen baru. Kita kan ngetripnya rame-rame bareng orang-orang baru yang mendaftar pada opentrip yang sama. Sebuah perjalanan itu mendekatkan. Kita yang awalnya gak kenal lama-lama menjadi akrab karena berada dalam satu perjalanan yang penuh dengan petualangan. Apalagi kesamaan hobby jalan-jalan membuat kita bisa dengan mudah menjadi akrab.

Liburan lebih rapi

Sebagian orang mungkin berpendapat ikut opentrip gak enak karena jadwal yang terikat selama perjalanan. Tapi bagiku peribadi malah lebih menyenangkan karena lebih tertata rapi. Aku sendiri tipe orang yang merencanakan dengan detail setiap perjalanan yang aku lakukan. Kalau udah ikut opentrip gak perlu susah-susah menyusun rencana karena travel agent sudah memiliki itinerary yang sangat detail.

Ini pengalaman pertamaku ikut opentrip. Awalnya sih takut ngebayangin bagaimana kalau perjalanan nanti tidak sesuai dengan yang diharapkan. Apalagi aku kan sendirian, bagaimana kalau teman-teman ngetripnya tidak menyenangkan. Dan itu semua hanya ketakutan yang tak beralasan. Karena faktanya ikut opentrip itu seru banget dan bikin nagih. Alasannya sudah aku beberkan di atas. Nanti deh pengen ikut opentrip lagi buat mengeksplore tempat-tempat wisata lainnya. Masih ada Kawah Ijen dan Baluran, Puncak B29 yang pengen aku kunjungi.

Nah, ada kabar baik nih kalau pengen liburan jadi mudah dan gak ribet bisa cek website vizitrip.com. Di situ banyak penawaran opentrip tidak cuma destinasi wisata dalam negeri, ada juga destinasi wisata ke luar negeri kayak ke Jepang, Thailand, Hongkong, Malaysia gitu. bisa juga cek di media social (facebook dan instagram) Vizitrip. Lihat destinasi wisata di Vizitrip bikin mupeng. Semoga ada rejeki bisa trip bareng vizitrip ke tempat-tempat wiasata keren

6 thoughts on “5 Alasan Opentrip Membuat Liburan Jadi Mudah

  1. Keuntungannya ngikutin trip, kita jadi mudah mendapatkan informasi tentang suatu lokasi ya.
    Berbeda dengan solo travelling, kita dituntut lebih banyak bertanya tentang suatu lokasi dan wajib memanej sendiri lebih baik.
    Keduanya sama-sama menyenangkan … karena acara liburan memang menyenangkan šŸ˜

    1. Iya bener, karena udah ada tour guidenya yang lebih berpengalaman
      kalo solo traveling belum berani, hehe
      ya bagaimanapun caranya yang penting menikmati perjalanan agar selalu menyenangkan

Terima kasih sudah komen :)