Aneka Kegiatan di hari Lebaran

Harusnya tulisan ini aku posting pas hari raya Idul Adha kemarin. Tapi karena baru ada koneksi internet yang memamadai jadi baru bisa post sekarang. Idul Adha atau biasa disebut hari raya qurban adalah salah satu dari 2 hari raya dalam Islam. Dilaksanakan tanggal 10 Dzulhijjah dalam kalender Hijriyah. Idul adha tahun ini jatuh pada hari Kamis, 24 September 2015. Nah di sini mumpung lagi suasana lebaran aku mau bahas apa saja biasanya acaraku di hari lebaran. Baik itu lebaran Idul Fitri maupun Idul Adha. Cekidot aja ya…

  1. Ngumpul bareng keluarga
20150924_072418
Moment Idul Adha

Abis shalat ied biasanya kita langsung berkumpul di rumah saudara tertua ayah. Ayahku 4 bersaudara dan empat-empatnya tinggal dalam satu lingkungan. Jadi keluarga besar Ayah semua ngumpul di sini. Momentnya adalah maaf-maafan. Kalau lagi ngumpul gini seru banget. Nuansa kekeluargaannya berasa banget. Ini salah satu nikmat Tuhan yang patut disyukuri, masih bisa merayakan lebaran dengan keluarga besar.

  1. Silaturahmi
Bareng keluarga besar
Moment idul Fitri kemarin

Moment Idul Fitri kemarin

Abis ngumpul-ngumpul gitu kita bareng-bareng ke rumah saudara yang tidak terlalu jauh dari rumah. Kalo lebaran idul fitri kemarin kita naik motor masing-masing. Kali ini kita rombongan naik mobil bak yang terbuka. Gak apa-apalah panas-panasan dikit, kan deket. Di rumah Embah Tawi (Saudara Nenek) ini hidangan utama yang tak pernah absen adalah kripik tette (Kripik khas Madura, khususnya Pamekasan) bareng sambelnya. Ini dia yang kita incer kalo ke sini. Kalo sudah ada yang satu ini kue-kue lainnya dikacangin. Abis dari rumah Embah Tawi biasanya lanjut ke rumah Mbah Sihah (saudara Kakek), gak terlalu jauh juga rumahnya. Tapi kali ini gak ke sana, sebelum-sebelumnya sudah sering ke sana karena ada kifayah. Jadi untuk kali ini absen dulu.

Bareng Sepupuku
Bareng Sepupu
20150924_080555
Kripik Tette yang selalu diserbu
  1. Rujaan

Panas-panas gini enaknya rujaan, apalagi udah lama banget gak rujaan. Rujaan di sini sudah menjadi tradisi sepertinya. Mangganya dikupas dan dipotong kecil-kecil dan sambel petisnya ngulek sendiri. Sedapnye…

Rujaan
Rujaan
  1. Makan

Lebaran itu makannya sedikit. Sedikit-sedikit makan maksudnya, hehe. Ia kalo lebaran tuh aku bawaannya pengen makan mulu. Sehari bisa empat kali. Sedikit sih porsinya tapi sering. Abis cepet laper sih.

  1. Ke Makam

Sore biasanya waktu kita ziarah ke makam. Mendoakan arwah kakek nenek kita yang sudah meninggal. Membawa bunga buat ditaruh di makam. Kali ini aku gak ikut, doakannya dari rumah aja.

Nah itu dia beberapa acaraku di hari raya. Bagaimana Hari Rayamu?

Oh ya, hampir lupa, aku mau ngucapin “Selamat Hari Raya Idul Adha, Mohon Maaf Lahir dan Batin”.

Terima kasih sudah komen :)