Berasa jadi pegawai Pajak

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pamekasan
Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pamekasan

Hari selasa kemarin aku bareng Puput ke kantor Pajak Pratama di Jalan R. Abdul Aziz No. 111, Pamekasan 69317, Telp : 0324 -322170,322924. Fax : 0324 -322983. Maksud kedatangan dan tujuan kami ke sini (Ceileh, resmi banget bahasanya) adalah untuk mengambil kartu NPWP. Kita sudah daftar online hari Jum’at tanggal 14 Agustus 2015 dan dapet Bukti Penerimaan Elektronik NPWP yang dikirim via email. Di situ sudah tercantum no NPWP dan ada catatan kalau SKT dan kartu NPWP akan dikirim ke alamat tempat tinggal masing-masing. Tapi biasanya kalau nunggu kartunya dikirim waktunya lama banget. Ini berdasarkan cerita temen-temen yang udah pernah buat NPWP loh. Kata superviser di kantorku dia pernah buat NPWP online dan kartunya langsung diambil di kantor Pajak Sidoarjao (ya karena dia orang Sidoarjo). Nah, biar cepet dapet kartunya maka kami ingin mengambilnya langsung ke sini.

Suasana kantor pajak cukup lengang. Kita bisa langsung menuju petugas pelayanan yang ada dibalik Komputer sana, gak perlu ngantre deh. Pria yang bertugas ini sangat ramah dengan senyumnya yang selalu tersungging.

“Untuk kartu NPWP tidak bisa langsung diambil ke sini Mbak, akan dikirim ke alamat tempat tinggal,”

“Untuk memastikan alamat yang tercantum di data,” jawabnya ketika aku tanya: “Kenapa?”

Yaaaah, percuma dong kita ke sini. udah panas-panas berangkat ke sini gak dapet apa-apa. Tapi ada beberapa informasi yang kita dapatkan di sini. Mengenai cara pelaporan SPT (Surat Pemberitahuan Tahunan) yang dilaporkan setiap bulan Januari-Maret. Bisa juga pelaporan dengan online. Kita dikasih CDnya. Untuk pelaporan online kuncinya harus mengajukan e-FIN (Electronic Filing Identification Number) terlebih dahulu. Kita juga dikasih formulir permohonan e-FIN. “Tapi ngurusnya nanti aja kalau udah mau laporan,” begitu saran si pria murah senyum ini.

Sambil menunggu Mbak Marta yang juga mau ngurus NPWP tapi bermasalah dengan KTPnya kita narsis-narsisan dulu di kantor pajak, hehe.

Dokumentasi di kantor Pajak
Dokumentasi di kantor Pajak

Loh, loh, dimana letak ngerasa jadi pegawai pajaknya nih?

Tenang pemirsa, ceritanya belum usai. Lanjut ya.

Karena di kantorku mewajibkan semua karyawan memiliki NPWP maka yang belum punya wajib buat. Karena sering bantuin teman sekantor buat daftar jadi sampek hafal alur-alurnya deh. Di sinilah saya merasa jadi pegawai Pajak, hehe. Siapa tahu nanti jadi pegawai pajak beneran. Coba dulu waktu ikut CPNS lulus, udah beneran jadi pegawainya pajak. Tapi sayang sudah berlalu dan aku gak lulus, hiks.

Aku share di sini yah alur pendaftaran NPWP secara online. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah komen :)