Dari Freeport Indonesia untuk Masyarakat Papua

narasi-untuk-papua
Sumber gambar : Twitter @IDFreeport

Papua itu tidak hanya tentang Raja Ampat dengan keindahan alam dan kecantikan bawah lautnya bak surga yang menjadi destinasi impian semua orang. Papua juga memiliki gunung tertinggi di Indonesia yaitu Gunung Jayawijaya yang menjadi impian bagi para pendaki.

Puncak tertinggi Gunung Jayawijaya yaitu Puncak Jaya atau Cartenz Pyramid mencapai 4.884 mdpl yang dilapisi hamparan es. Sayangnya semakin ke sini lapisan es ini semakin menipis. Gunung yang termasuk dalam world seven summit ini memiliki jalur yang sangat terjal dan cuaca yang tidak menentu sehingga biaya pendakian ke sana menjadi sangat mahal.

Tahukah kamu, Gunung Jayawijaya sangat erat kaitannya dengan kehadiran Freeport di Indonesia. PT Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan pertambangan terkemuka di dunia yang beroperasi di daerah dataran tinggi Kabupaten Mimika, Papua.

Sejarah PT Freeport di Indonesia

Seorang petualang dari Belanda bernama Johan Cartenz menuliskan dalam buku hariannya tentang ekspedisi ke Papua pada tanggal 16 Februari 1623. Cartenz melihat  pegunungan tinggi yang dilapisi hamparan es. Tak ada yang percaya dengan hal ini karena dianggap mustahil di daerah tropis terdapat gunung es.

Kemudian Koninklijke Nederlandsche Aardrijkskundig Genootschap (KNAG) yakni lembaga geografi dari Belanda melakukan ekspedisi pada tahun 1904-1905 dengan tujuan menemukan gunung es di Papua seperti yang tertulis dalam buku harian Cartenz. Meski ekspedisi ini gagal menemukan gunung es yang dimaksud namun hal ini menjadi awal mula perhatian Belanda terhadap kekayaan alam yang ada di Papua.

narasi-untuk-papua
Sumber gambar : Instagram @freeportindonesia

Pada tahun 1936, Jean Jacquez Dozy berhasil mencapai gunung es Jayawijaya dan menemukan cadangan ertsberg atau gunung bijih. Kemudian kontrak karya I PT Freeport di Indonesia ditandatangani pada tahun 1967.

Kontribusi Freeport Indonesia untuk Masyarakat Papua

PT Freeport Indonesia mendapatkan penghargaan kategori pembayaran PNBP terbesar perusahaan mineral pada Indonesia Mining Association (IMA) Award 2019 tanggal 20 November 2019. Kontribusi PT Freeport Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 51% dari tahun sebelumnnya yang hanya sebesar 2,02 triliun menjadi 4,2 triliun atau sebesar 10% dari total PNBP. Hal ini menunjukkan kontribusi PT Freeport terhadap Indonesia cukup besar. Kontribusi lainnya PT Freeport Indonesia terhadap penerimaan negara berupa pajak, royalti, dan dividen.

PT Freeport Indonesia juga mendapatkan penghargaan pada kategori perusahaan yang melakukan program pengembangan masyarakat terbaik. PT Freeport Indonesia bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) dalam mengelola dana kemitraan untuk program pengembangan masyarakat. Kontribusi Freeport untuk masyarakat Papua dapat dilihat dari 6 kategori program pengembangan untuk masyarakat Papua.

Program Pendidikan

narasi-untuk-papua
Sumber gambar : Instagram @freeportindonesia

Untuk meningkatkan akses Pendidikan kepada putra-putri daerah Papua PT Freeport Indonesia membangun 5 asrama putra dan putri di Mimika. Hal ini bertujuan untuk menanamkan kedisiplinan dan kemandirian bagi siswa-siswinya.

PT Freport Indonesia dan LPMAK juga memberikan program beasiswa mulai dari tingkat SD sampai dengan S3. Terhitung sejak tahun 1996 hingga tahun 2018 ada 11.000 siswa yang menerima fasilitas beasiswa tersebut.

Program Kesehatan

Dalam bidang kesehatan PT Freeport Indonesia telah mendirikan 2 rumah sakit yaitu Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) dan Rumah Sakit Waa Banti (RSWB) dan mensponsori beberapa klinik agar fasilitas pelayanan mudah terjangkau oleh masyarakat.

CPHMC (salah satu section dari departemen SLD/CR) dan LPMAK juga melakukan berbagai program untuk meningkatkan kesadaran dan mempraktekkan prilaku hidup bersih dan sehat. Program tersebut berfokus pada kesehatan ibu dan anak, pengendalian malaria, pengendalian HIV & AIDS, pengendalian TB, air bersih dan sanitasi.

Program Kemandirian Ekonomi

narasi-untuk-papua
Sumber gambar : Instagram @freeportindonesia

Dalam bidang ekonomi PT Freeport Indonesia melakukan program pembinaan usaha mikro, kecil dan menengah dengan memberikan perhatian pada program perikanan, peternakan, pertanian, dan ketahananpangan. Program pembangunan berbasis kearifan lokal ini memanfaatkan dan mengoptimalkan sumber daya alam di sekitar mereka agar menciptakan kemandirian ekonomi. Salah satu contohnya dengan melakukan pembinaan terhadap budidaya kopi dan mempromosikan produk lokal sebagai sumber pendapatan masyarakat.

Program Sosial dan Budaya

Dalam bidang kebudayaan PT Freeport Indonesia berkomitmen melakukan promosi kebudayaan lokal agar dapat melestarikan kebudayaan dan dapat dikenal oleh masyarakat luas. Upaya memelihara kelestarian dan promosi budaya sebagai identitas asli masyarakat Papua terus dilakukan supaya keunikan dan keasliannya tetap terjaga.

narasi-untuk-papua
Sumber gambar : Instagram @freeportindonesia

Program Ketenagakerjaan

PT Freeport Indonesia membangun Institut Pertambangan Nemangkawi untuk memberikan kesempatan kepada putra-putri daerah agar terampil menjadi pekerja tambang kelas dunia. Pusat pelatihan ini juga menyediakan pengembangan magang dan siap bekerja di PT Freeport Indonesia. Masyarakat lokal yang bekerja di PT Freeport Indonesia beberapa di antaranya menempati posisi staf manajerial dan vice president.

Program Infrastruktur

Selama lebih dari 50 tahun beroperasi di Indonesia, PT Freeport Indonesia telah mendukung pengembangan infrasruktur dasar di Papua guna memberikan kemudahan akses pelayanan yang layak untuk masyarakat. Banyak sarana dan prasarana yang sudah dibangun di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan sarana umum lainnya.

PT Freeport Indonesia juga turut mendukung pembangunan Mimika Sport Complex untuk mendukung pengembangan olahraga di Kabupaten Mimika serta pelaksanaan PON 2020 di Papua. Fasilitas ini terdiri dari stadion indoor, outdoor, asrama atlet, dan penunjang lainnya yang dibangun di atas lahan seluas 12.5 hektar.

narasi-untuk-papua
Sumber gambar : Instagram @freeportindonesia

Program-program ini bertujuan untuk memberikan sumbangsih bagi negeri dan mengembangkan kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah sekitar wilayah pertambangan.

Terima kasih sudah komen :)