Destinasi Wisata Alam Ini Wajib Dikunjungi Saat Pertama Kali ke Jember

destinasi-wisata-jember
Sumber gambar : Pixabay edit by Canva

Siapa yang gak tahu Jember, sebuah kota kecil yang mendunia karena Jember Fashion Carnavalnya. Aku sendiri belum pernah sih ke Jember, ups ketahuan deh. Buat orang awam sepertiku Jember Fashion Carnaval (JFC) adalah hal pertama yang ada di benak jika ditanya tentang Kabupaten Jember. Kemudian menyusul Pantai Papuma, dan Universitas Jember (Unej), beberapa teman dan saudara ada yang kuliah di sana. Selain 3 hal tersebut masih banyak hal tentang Jember yang belum aku tahu terutama tentang destinasi wisata Jember.

Ya udah, kenalan dulu yuk. Kabupaten Jember merupakan Kabupaten yang ada di bagian tenggara Jawa Timur. Secara administratif wilayah Kabupaten Jember berbatasan dengan Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Probolinggo di sebelah utara, Kabupaten Lumajang di sebelah barat, Kabupaten Banyuwangi di sebelah timur, dan sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Indonesia.

Kabupaten Jember terletak di lereng Pegunungan Yang dan Gunung Argopuro. Secara geografis Kabupaten Jember sangat strategis dengan berbagai potensi sumber daya alamnya. Gak heran ya kalau Jember punya banyak destinasi wisata alam yang mempesona. Selain dijuluki kota karnaval Jember juga mendapat julukan sebagai kota seribu bukit. Usut-punya usut hal ini karena topografi Jember yang memiliki banyak bukit.

Kalau nanti aku punya kesempatan traveling ke Jember aku mau ke tempat yang seger-seger gitu yang gak ada di Madura. Aku udah pilih nih wisata alam yang sejuk dan hijau karena aku memang lebih suka nuansa-nuansa alam gitu. Nih aku kasih tau:

Taman Botani Sukorambi Jember

taman-botani-sukorambi
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com

Taman Botani Sukorambi is the closest natural park from the center of Jember. Lokasinya deket banget dari Kota Jember, Cuma butuh waktu 10 menit. Tempat ini cocok banget sebagai tempat rekreasi dan belajar tentang alam. Ada banyak wahana yang bisa kita coba mulai dari permainan air, kolam renang, flying fox, berkuda, dan aneka outbond lainnya. Terus kita juga bisa belajar bertanam hidroponik, bermain dan belajar dengan kelinci, dan belajar tentang koi. Asyik kan bisa main-main di alam sambil belajar tentang bermacam-macam flora dan fauna. Ulasan lengkapnya udah ada di postingan sebelum ini ya.

Kawasan Puncak Rembangan

destinasi-wisata-jember
Sumber gambar : blusukanjember.blogspot.com

Kalau Jakarta punya Puncak Bogor, Jember juga punya Puncak Rembangan. Terletak sekitar 12 KM ke arah utara dari Kota Jember, tepatnya Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Berada di ketinggian 650 mdpl dengan suhu udara di sini rata-rata 18 derajat, huhu dingin banget pasti ya. Katanya perjalanan menuju Puncak Rembangan itu cakep banget. Ada kebun buah naga, kebun kopi, dan durian yang bisa kita petik-petik sendiri sesuai musimnya. Terus ada juga kebun bunga yang banyak dibudidayakan di sini kayak mawar, anggrek, dan bunga kertas.

Kita bisa mampir di kafe-kafe sepanjang jalan untuk sekedar menyaksikan panorama alam yang cantik sambil menikmati minuman khas Rembangan. Landscape kota Jember dari ketinggian sangat cantik apalagi di malam hari pemandangannya cantik banget dengan lampu-lampu yang gemerlap di kejauhan.

Di Puncak Rembangan juga ada hotel bersejarah peninggalan jaman belanda yang sudah dibangun tahun 1937. Di sini ada pemandian dari sumber air pegunungan dengan eksotisme pemandangan yang menyegarkan.

Kebun Teh Gunung Gambir

destinasi-wisata-jember
Sumber gambar : tripjalanjalan.com

Selalu seneng deh kalau lihat pemandangan hamparan kebun teh. Sejuk dipandang mata. Ternyata Jember punya loh kebun teh yang wajib dikunjungi kalau lagi di Jember. Kebun teh ini berada di Gunung Gambir dan dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII. Udaranya sejuk karena berada di lereng pegunungan argopuro dengan ketinggian 900Mdpl, berjarak sekitar 48 KM dari pusat kota Jember.

Puncak Gunung Gambir yang tertutupi tanaman teh tertata rapi bak lembayung adalah pemandangan yang sangat eksotis. Bakalan betah banget berlama-lama di sini karena udaranya yang bersih dan bebas polusi. Hati akan rilex dan tenang menyaksikan pemandangan yang indah. Jadi kebayang lagi berjalan dan berlarian di sela-sela tanaman teh sambil menyapa ibu-ibu yang sedang memetik pucuk daun teh dengan cekatan dan rapi. Pasti seru banget.

Kita juga bisa menyaksikan secara langsung proses pengeringan, pengepakan bahkan juga bisa mencicipi beberapa produk teh dari gunung gambir. Fasilitas yang ada di sini cukup lengkap seperti Camping Ground (bumi perkemahan) bagi pecinta alam, jogging track, Penginapan, lapangan tenis, villa, dan fasilitas umum lainnya. Asyik ya.

Coffee and Cacao Science Techno Park (CCSTP)

destinasi-wisata-jember
Sumbe gambar : biotek.lipi.go.id

Tempat ini menarik untuk dikunjungi, cocok banget nih buat para pecinta coklat dan kopi. Eduwisata Coffe and Cacao Science Techno Park berada di Kebun milik Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Jember. Biar seru wajib banget nih ikut tur mengelilingi kebun coklat dan kebun kopi dengan mobil kayu yang unik.

Kita bisa melihat bagaimana riset-riset tentang kakao dan kopi di kebun percontohan. Puslitkoka punya berbagai fasilitas pascapanen (off farm) yang bisa kita lihat mulai proses pemetikan, penjemuran, tempat fermentasi, pembuatan mesin, sampai pembuatan kopi dan cokelat siap saji.

Abis keliling kebun dan melihat proses pascapanen waktunya ngopi-ngopi cantik di coffe shop yang ada di situ. Pulangnya jangan lupa beli oleh-oleh produk unggulan puslitkoka kayak kopi arabika, robusta, kopi blend, kopi luwak, dan berbagai macam kreasi coklat.

Ternyata Jember itu surga ya buat traveler yang suka dengan wisata alam kayak aku. Tempat-tempat wisata alam ini wajib aku kunjungi saat pertama kali ke Jember nanti. Kapan ya bisa ke Jember buat mengunjungi tempat-tempat ini? Kali aja ada yang mau ngajakin jalan-jalan ke Jember, Amin. Aku baru tahu kalau Jember punya banyak destinasi wisata alam yang hijau, sejuk, dan segar. Banyak sekali tempat-tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang masih alami. Udaranya yang sejuk akan membuat pikiran kembali fresh. Selain pemandangan yang indah pengetahuan pun bertambah, asyik kan. Walaupun belum pernah berkunjung ke Jember aku berharap semoga pariwisata Jember semakin bagus. Aku berharap Jember makin rame dan semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Jember.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

Terima kasih sudah komen :)