Eksplore Kenjeran Park Surabaya, Serasa Keliling Dunia dalam Sehari

kenpark

Beberapa waktu lalu aku melihat status seorang teman di medsos. Dia mengupload beberapa foto Festival Bulan Purnama di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya. Aku jadi ingat tahun lalu pernah ke sana tapi belum menuliskan cerita perjalanannya di blog. Waktu itu (16 September 2016) aku ada satu keperluan di Surabaya daerah Margomulyo dari jam 8 sampek jam 11 siang. Nah mumpung lagi di Surabaya sayang banget kan kalau langsung pulang. Kita masih punya waktu sekitar 3 jam untuk mengeksplore Surabaya sebelum jam 2 siang. Meluncurlah kita ke Surabaya daerah timur menuju Kenpark di Jl. Pantai Ria Kenjeran, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya. Karena gak tahu jalan kita pasrah mengikuti petunjuk dari GPS. Itupun beberapa kali sempet nyasar gara-gara salah masuk jalan, haha. Oh ya, ini pertama kalinya aku ngebolang sama adekku.

            Akhirnya setelah nyasar beberapa kali dan melewati drama power bank jatuh di jalan sampailah kita di depan pintu masuk Kenpark dengan arsitektur bangunan bak di negeri dongeng. Kita membayar tiket masuk untuk 2 orang dengan sepeda motor sebesar 15K saja. Kenjeran Park merupakan kawasan wisata terpadu yang cukup luas dengan berbagai arena wisata. Dari pintu masuk kita terus lurus dan belok kiri di Atlantis Land untuk ke kawasan Klenteng Sanggar Agung.

Sebelum mengeksplore lebih jauh tempat ini kita nyari mushola dulu buat sholat. Kita menemukan mushola cukup besar di bagian paling belakang berdampingan dengan perumahan warga. Kita sholat di lantai 2. Musholanya sepi tapi bersih, mukenanya juga wangi.

kenpark

            Abis sholat perut rasanya udah protes jadi mau makan dulu. Kita mau nyobain makanan khas Surabaya yaitu lontong balap dan lontong kupang plus sate kerang. Lontong kupang adalah makanan berkuah dengan isian lontong, kuah petis, dan kupang (kerang laut yang ukurannya kecil pakek banget). Rasanya pedas manis gurih gitu, kuah petisnya lebih dominan. Lontong balap juga makanan berkuah dengan isian lontong, irisan tahu, tauge rebus dengan bubuhan bawang goreng. Rasanya lebih gurih. Sayangnya makanan-makanan ini agak kurang cocok di lidah kita. Sate kerangnya agak amis, kupangnya juga gak kerasa.  Entah karena kita milih tempat makan yang kurang tepat atau gimana, lain waktu harus nyobain di tempat lain.

            Perut sudah terisi saatnya kita menjelajah kenpark. Yuk…!

Patung Budha Empat Wajah

kenpark

 

            Kita memarkir motor terlebih dahulu sebesar 3k. Tempat pertama yang kita eksplore adalah Patung Bhuda Empat Wajah. Di bagian depan ada banner berwarna kuning bertuliskan “Mid-Autumn Festival”. Rupanya semalem abis ada acara perayaan festival bulan purnama. Jadi kita cuma kebagian sisanya aja nih, kursi-kursi yang bertumpuk abis acara masih terlihat. Ada juga rangka lampion berbentuk bunga di dalam kolam dan bulan sabit berwarna merah kuning sisa kemeriahan semalam. Dari pintu masuk patung budha berwarna emas dengan tinggi 36 meter sudah terlihat. Saat itu tidak banyak pengunjung mungkin karena kita ke sana pas weekday. Kita berjalan mendekati patung untuk melihat lebih jelas dan berfoto ria di depannya. Patung yang diresmikan pada November 2004 ini memiliki 4 wajah yang menghadap 4 penjuru mata angin dan 8 tangan yang memegang benda-benda berbeda. Ada yang memegang dada,tasbih, tongkat kebesaran, cakram, cupu berisi air suci, kitab suci, kerang, dan teratai. Hal ini melambangkan sifat kebaikan sang budha yakni murah hati, pengasih, adil, dan meditasi. Patung ini mirip dengan patung Thao Maha Brahma atau disebut Tao Maha Phrom yang ada di Altar Erawan, Bangkok, Thailand. Jadi gak perlu jauh-jauh ke Bangkok nih untuk melihat patung budha. Di setiap sudutnya ada 4 patung gajah putih yang juga berkuran sangat besar. Suasana di sini cukup asri karena banyak pohon-pohon hijau yang tumbuh disekitar patung.

kenpark kenpark kenpark

 

Selain Patung Budha Empat Wajah ada juga patung Ganesha, salah satu dewa terkenal dalam agama Hindu dan banyak dipuja oleh umat Hindu, yang memiliki gelar sebagai Dewa pengetahuan dan kecerdasan, Dewa pelindung, Dewa penolak bala/bencana dan Dewa kebijaksanaan (Wikipedia). Patung berkepala gajah ini berwarna emas dengan ukuran tidak terlalu besar.

Vihara Sanggar Agung

kenpark kenpark

 

            Kita berjalan menuju gapura ala bali yang ada di depan Patung Budha Empat Wajah. Di situlah Vihara Sanggar Agung berada. Sebuah bangunan dengan arsitektur perpaduan budaya jawa dan bali sebagai tempat ibadah bagi umat tridharma. Selain itu vihara ini juga menjadi tujuan wisata untuk umum. Aku masih bingung mencari jalan untuk menemukan Patung Dewi Kwan Im yang katanya ada di belakang Vihara.

kenpark

            “Lewat sini, Mbak.” Cewek cantik yang kutanyai menunjuk ke jalan kecil di samping kiri vihara. Dengan ragu aku melewati ruang pengelola yang ditunjukkan si Mbak tadi. Dan akhirnya aku menemukan apa yang aku cari, Patung Dewi Kwan Im berdiri kokoh di pinggir laut ditemani pengawal-pengawalnya. Di bawahnya 2 patung naga berwarna merah dan abu-abu. Banyak orang berfoto di bawah patung ini.

Atlantis Land

kenpark kenpark

Beranjak dari Vihara Sanggar Agung kita menuju Atlantis Land yang kabarnya masih akan dibuka di tahun 2017. Meski belum dibuka, dari luar aja Atlantis Land sudah menarik perhatian. Bangunan bagian atas arsitekturnya bernuansa istana di negeri dongeng. Dinding Atlantis Land berwarna biru laut bercorak putih dengan langit-langit motif gelombang laut. Sedangkan bangunan di samping kanan kirinya memiliki ornamen bermotif kayu warna coklat. Berasa di negeri dongeng Disneyland lah pokoknya pas ada di sini.

kenpark kenpark kenpark

Halamannya luas dengan banyak pohon yang di tanam di dalam pot besar berwarna biru. Kita cukup puas berfoto ria meski cuma di bagian depannya aja. Ada maskot berupa patung raja kodok menaiki kira-kura raksasa dan tulisan Atlantis Land yang wajib jadi latar untuk berfoto. Sesuai dengan tema wisata yaitu Adventure Kingdom. Yang menarik juga di atas pos jaga ada patung buah labu busuk dan teman-temannya ala-ala Halloween.

Foodcort bak di Disneyland

kenpark

            Gak cuma di pintu masuk dan Atlantis Land yang berarsitektur bak di negeri dongeng, foodcort di sini juga bertema negeri dongeng. Bagian atas bangunan foodcort bak kuil-kuil indah di negeri dongeng. Pas kita ke sana foodcortnya lagi sepi gak ada yang berjualan. Mungkin karena bukan hari libur kali ya.

Pagoda Tian Ti

kenpark

            Dari semua tempat yang aku kunjungi di Kenpark sepertinya ada satu tempat yang belum kita eksplore. Ya, Pagoda Tian Ti belum kita temukan. Aku mengikuti petunjuk dari Mbak penjaga gerai di Atlantis Land yang tadi kutanyai. Dari Foodcort kita berjalan ke arah timur cukup jauh melewati pohon-pohon khas yang banyak tumbuh di Surabaya tapi aku gak tahu namanya pohon apa. Pagoda Tia Ti/Sky World merupakan replika dari pagoda tua di Beijing yaitu Temple of Heaven. Pagoda tersebut merupakan bangunan cagar budaya dan punya nilai sejarah tinggi di Tiongkok. Pagoda Tian Ti di Kenpak sengaja dibangun menyerupai aslinya mulai dari warna, ornamen, aksesoris hingga ukiran naga dengan diameter 60 meter dan tinggi 58 meter. Kita melihat Pagoda Tian Ti dari jauh gak sampek menginjakkan kaki di sana. Kita cuma mengambil foto abis itu pulang karena sudah jam 2 takut kemaleman nyampek Pamekasan.

            Kenpark memiliki area yang sangat luas, untungnya kita naik motor buat muter-muter beberapa tempat di sini. Gak kebayang gimana capeknya kalau jalan kaki apalagi buat aku yang emang jarang banget jalan kaki, hihi. Mengeksplore Kenpark tuh serasa keliling dunia. Berada di Patung Budha Empat Wajah kita seperti di Thailand Bangkok, kalau di Vihara Sanggar Agung dan Pagoda Tian Ti serasa di Tiongkok, sedangkan di Atlantis Land berasa di Disneyland. Seru kan sehari aja bisa keliling dunia. Mudah-mudahan aja nanti bisa keliling dunia beneran, Amin.

4 thoughts on “Eksplore Kenjeran Park Surabaya, Serasa Keliling Dunia dalam Sehari

  1. Tempat wisata yang murah meriah di Surabaya, hanya membayar karcis masuk 10rb-15rb, banyak hal yg bisa dilihat disini. Ada Patung Klenteng Sanggar Agung, Patung Buddha 4 Wajah, Pagoda dan lain-lain. Wajib masuk bucket list jika sedang travelling ke Surabaya

Terima kasih sudah komen :)