Fakta Menarik Taman Botani Sukorambi Jember

taman-botani-sukorambi
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com

My morning activity, biasanya bersih-bersih rumah, kadang juga ngelipet baju sambil nonton TV. Secara kan bosen ya kalo ngerjain sesuatu gak ada hiburannya, hehe alasan. Aku paling seneng nonton acara TV seputar tempat wisata. Waktu itu aku liat acaranya menayangkan tempat wisata taman koi di Taman Botani. Tempat tersebut menjadi taman percontohan spesialis ikan koi di Jawa Timur. Wah keren.

Karena penasaran aku searching deh di mbah gugel pakek keyword “Taman Koi Botani”. Ternyata wisata edukasi ikan koi tersebut ada di Taman Botani Sukorambi Jember. Pada awalnya setelah pensiun Bapak H. Abdul Kahar Muzakir menyibukkan diri membuat tambak-tambak kecil dan menanam berbagai jenis bunga, buah-buahan, sayuran, dan tanaman obat. Seiring bertambahnya koleksi tanaman dan hewan yang dimiliki, beliau kemudian membukanya sebagai tempat rekreasi dengan tujuan supaya dapat membantu dunia pendidikan dengan memberikan sarana belajar tentang alam dan membantu pemerintah dalam mengajak masyarakat agar sadar lingkungan, tumbuhan dan satwa. Informasi ini aku dapet dari website resmi Taman Botani Sukorambi.

Taman Botani Sukorambi merupakan salah satu destinasi wisata Jember bernuansa alam yang mengusung konsep Rekreasi sambil Belajar, menyajikan beraneka ragam koleksi tanaman, hewan, permainan dan wahana-wahana lainnya. Asyik dong main-main di alam sambil belajar banyak hal baru. Setelah utak-atik website Taman Botani Sukorambi aku menemukan beberapa fakta menarik tentang Taman Botani Sukorambi. Intip yuk.

1. Memiliki Koleksi 500 Jenis Flora dan Fauna

Kebun botani atau kebun raya adalah suatu lahan yang ditanami berbagai jenis tumbuhan yang ditujukan untuk keperluan koleksi, penelitian, dan konservasi ex-situ (di luar habitat). Selain untuk penelitian, kebun botani dapat berfungsi sebagai sarana wisata dan pendidikan bagi pengunjung. (Sumber: Wikipedia)

Nah, di Taman Botani Sukorambi ada sekitar 500 koleksi flora dan fauna yang cocok untuk tempat belajar bagi anak-anak khususnya para pelajar. Setiap tahunnya digelar Botanical Game yaitu lomba mengenal berbagai jenis tanaman. Koleksi tanaman yang dimiliki beberapa ada yang dari luar jawa, luar negeri, bahkan tidak sedikit tanaman-tanaman langka ada di sini.

Koleksi satwanya juga beragam. Ada jenis hewan yang dilindungi seperti kijang, rusa, dan burung merak. Adapula koleksi hewan hias, landak, marmut, dan aneka jenis burung. Koleksi ikan juga banyak diantaranya ikan koi, nila, gurame, lele, patin dan lainnya.

2. Menjadi Taman Percontohan Spesialis Ikan Koi di Jawa Timur

taman-botani-sukorambi
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com

Ini nih yang bikin aku penasaran pas lihat tayangannya di TV.  Taman yang sejuk dengan nuansa ala jepang menyajikan berbagai jenis ikan koi yang berwarna-warni. Di sini pengunjung bisa melihat kolam ikan koi dan berinteraksi langsung dengan bermain dan memberi makan ikan koi. Kalau mau belajar jenis-jenis ikan koi, budidaya, dan manfaat memelihara ikan koi, di Taman Botani Sukorambi tempatnya. Taman ini merupakan taman eduwisata yang menjadi taman percontohan spesialis ikan koi di Jawa Timur.

Selain ikan koi di sini juga tempat untuk belajar budidaya lobster air tawar, mulai dari pembenihan dan pembesarannya. Pengunjung bisa ikut belajar dan mengamati proses pembiakan koi dan lobster air tawar.

3. Tempat Belajar Hidroponik

taman-botani-sukorambi
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com

Kebun Edukasi Hidroponik (KEH) tidak boleh dilewatkan kalau lagi main ke Taman Botani Sukorambi. Kita bisa mendapatkan informasi dan belajar bertanam hidroponik untuk diaplikasikan di rumah. Penataan instalasi yang menarik juga bisa digunakan sebagai spot selfie yang kece. Selain itu kita juga bisa membawa oleh-oleh hasil kebun hidroponik ini untuk dibawa pulang.

4. Memiliki Kolam Renang Khusus Muslimah

taman-botani-sukorambi
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com

Taman Botani Sukorambi punya banyak jenis kolam renang. Ada yang untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Ada juga Kolam renang pelangi yang bagian dasar kolam renang full color kayak warna pelangi. Keren kan. Tapi yang lebih menarik nih, ada Kolam renang khusus muslimah. Ngerti banget ya sama kita-kita para perempuan terutama yang berhijab. Kalau di tempat lain biasanya cewek cowok nyampur. Jujur Itu bikin gak tenang karena selalu khawatir baju tersingkap saat berenang. Nah kalau ada kolam renang yang khusus cewek kayak gini kan jadi gak khawatir lagi. Jadi bebas berenang sepuasnya, mau jungkir balik pun gak khawatir aurat kelihatan. Kan yang ada di situ cewek semua.

5. Permainan Air yang Menyenangkan

taman-botani-sukorambi
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com

Yuhu, main-main di air emang paling asyik deh. Taman Botani Sukorombi memiliki danau buatan dan kita bisa mencoba permainan air yang di sediakan. Ada sepeda bebek air, mengayuh kano, dan bermain water ball. Aku pernah naik sepede air yang bentuknya bebek itu. Seru banget mengayuh di atas air meski agak susah mengendalikan laju kiri dan kanannya.

Kalau lagi naik kapal biasanya sering lihat nelayan yang sedang mencari ikan dengan perahu kecil di tengah laut. Seru kayaknya tapi agak ngeri kalau lihat perahunya terombang-ambing oleh gelombang laut. Nah aku pengen naik kano di sini supaya bisa dayung-dayung manja ala-ala nelayan gitu. Airnya kan lebih tenang jadi lebih aman kan.

Terus aku penasaran buat nyobain water ball. Gimana ya sensasinya jungkir balik di dalam bola raksasa. Katanya sih harus terus melangkah di dalam bola tersebut supaya bisa berjalan di atas air dan mencapai pinggir danau.

6. Bunny and Friend Village

taman-botani-sukorambi
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com

Kelinci adalah hewan yang paling lucu menurutku. Mukanya itu gemesin banget. Taman botani Sukorambi punya space khusus yang berisi ratusan koleksi kelinci. Selain melihat prilakunya yang menggemaskan di dalam satu kandang kita juga bisa belajar lebih banyak tentang kelinci. Mulai dari cara memelihara, merawat, dan, dan bermain dengan kelinci. Ada atraksi Rabbit Show dimana para instruktur akan memperlihatkan bagaimana cara memandikan, menyisir, hingga memegang kelinci dengan benar. Di sini kita belajar bagaimana memperlakukan binatang dengan penuh kasih sayang dan trik khusus agar hewan peliharaan mau menurut kepada pemiliknya. Salah satunya dengan memberi makan langsung dari tangan kita.

7. Fasilitas Golf Cart

taman-botani-sukorambi
Sumber gambar : tamanbotanisukorambi.com

Untuk menjelajah area Taman Botani Sukorambi yang mencapai 12 hektar gak ada salahnya mencoba fasilitas yang di sediakan berupa golf cart. Pasti akan sangat membantu menghemat waktu dan tenaga. Bayangin aja kalau jalan kaki mengitari taman seluas itu, bisa gempor kaki.

Kita akan melewati jalanan berkelok sambil menikmati pemandangan indah dari atas bukit dan merasakan udara segar khas Taman Botani Sukorambi. Biar kayak Zohri yang diajak mengelililngi istana oleh presiden pakek golf cart kayak gini, hehe.

8. Sering Menyelenggarakan Event Keren

Beruntunglah warga Jember karena punya Taman Botani Sukorambi yang sering mengadakan event-event keren. Salah satu yang unik adalah Acara Saroeng & Hijab Fun Run 5K. Acara ini heboh karena lomba lari ini mewajibkan peserta untuk memakai sarung (laki-laki) dan berhijab (perempuan). Acara ini diadakan untuk mendukung dan meramaikan HUT Bhayangkara ke-72 dan diikuti sebanya 2.500 peserta. Ada pula lomba Lomba Mewarnai yang diikuti Ekspatriat, lomba selfie instagram botani, dan kompetisi band SMP & SMA se Jawa dan Bali. Dengan  adanya event-event keren ini pasti Jember makin rame deh.

Satu lagi lomba keren yang di gelar oleh Taman Botani Sukorambi Jember yaitu lomba blog tentang destinasi wisata Jember. Bekerja sama dengan Blogger Jember Sueger (BJS) lomba blog digelar untuk mendukung promosi destinasi wisata Jember dengan tema “Jember Makin Rame”. Dan kita yang bukan warga Jember pun juga bisa ikutan. Lomba blog ini digelar sampek 2 kali loh. Yang pertama dari tanggal 1 Aril sampai 25 Mei 2018 dan part 2 dari tanggal 9 Juni – 25 Juli 2018.

Fakta-fakta menarik ini bisa dijadikan modal untuk merencanakan wahana-wahana apa saja yang harus aku coba jika ada kesempatan berkunjung ke Taman Botani Sukorambi. Untuk info lengkapnya bisa dicek di website resmi Taman Botani Sukorambi. Bisa juga cek instagram dan facebooknya. Sebagai bocoran ini nih wahana dan fasilitas yang ada di Taman Botani Sukorambi.

Sarana Rekreasi

  • Rumah Pohon
  • Flying Fox Jungle
  • Flying Fox Tombro
  • Aneka permainan Outbond
  • Kolam Renang Khusus Muslimah
  • Kolam Renang Dewasa
  • Kolam Renang Remaja
  • Kolam Renang Anak-anak
  • Kolam Renang
  • Permainan Air
  • Pondok Baca
  • Berkuda

Sarana Belajar

  • Koleksi 500 jenis flora dan fauna
  • Bunny and friend village
  • Aneka koleksi hewan hias
  • Aneka koleksi hewan dilindungi
  • Pembenihan ikan koi dan lobster air tawar

Fasilitas

  • Air kolam renang dari sumber mata air
  • Lahan parkir luas
  • Akses ke lokasi bawah
  • Pondok rapat Gaharu
  • Area barbeque outdoor
  • Horti HUT
  • Pondok seni
  • Aneka Gazebo
  • Restaurant
  • Area Outbond
  • Wifi
  • Golf cart
  • Villa Botani
  • Panggung terbuka untuk musik
  • Kamar mandi VIP
  • Kamar mandi difable

FYI:

  • Lokasi: Jalan Mujahir, Sukorambi, Kabupaten Jember
  • Jadwal: Buka setiap hari kecuali jum’at pukul 07.00 – 16.00
  • Biaya masuk: weekday 12.000 weekend dan hari libur 20.000.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Taman Botani Sukorambi dan Blogger Jember Sueger #2

5 thoughts on “Fakta Menarik Taman Botani Sukorambi Jember

  1. Dengan fasilitas dan wahana bervariasi gitu dan tiket masuknya hanya 12.000 – 20.000? Murah banget ya. Cocok bgt utk dijadikan family trip atau mbikin family gathering di sini.

Terima kasih sudah komen :)