Hujan Pengantar

Beberapa hari ini hujan sudah mulai turun. Sejak pertengahan November kayaknya. Tapi intensitasnya masih rendah dan itupun juga tidak pernah deras. Ini pertanda akan memasuki musim penghujan. Tapi cuaca tak ada perubahan yang signifikan, tetap panas. Kalau malam hari malah jadi kegerahan pas tidur. Siangnya juga kalau lag gak hujan panasnya masih menyengat.

Musim penghujan tuh musimnya bercocok tanam. Di daerahku biasanya menanam jagung. Tapi sekarang belum ada yang menanam karena ya itu hujannya masih hujan pengantar. Belum musim penghujan yang sesungguhnya. Airnya belum sempurna meresap ke dalam tanah. Kalau dipaksa menanam nantinya bisa gak tumbuh benihnya. Atau bisa jadi layu kekeringan. Soalnya untuk menghasilkan pertumbuhan yang baik perlu air yang cukup. Daripada gak tumbuh benihnya bisa rugi duluan petaninya. Benih jagung kan mahal sekitar 50 ribuan per kilonya. Jadi ambil amannya aja. Nunggu musim penghujan yang sesungguhnya supaya dapat panen yang maksimal.

Selamat datang musim penghujan. Bunga-bungaku bersorak menyambutnya. Karena mereka akan mendapatkan hidup mereka kembali. Hore….

Terima kasih sudah komen :)