Ini alasan kenapa kamu harus ke perpustakaan FEB Unair saat akan menyusun skripsi

Hai, kenalkan namaku Titim. Aku alumni Universitas Trunojoyo Madura jurusan Ekonomi Pembangunan bukan alumni Universitas Airlangga (Unair) loh, ya. Eh, ngomong-ngomong soal Unair aku jadi inget sama masa-masa penuh perjuangan saat menyusun skripsi. Tugas akhir yang membuat kita merasakan menjadi mahasiswa yang sebenarnya. Ya, empat tahun lalu saat aku jadi galau bin labil karena mencari tema dan judul yang pas untuk memulai menggarap skripsiku. Aku kasih bocoran dikit ya, buat kamu mahasiswa ekonomi dan akan mulai menyusun skripsi aku sarankan untuk pergi ke perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair. Bagiku perpustakaan FEB memberi inspirasi dalam memilih tema penelitian.

 Kenapa harus ke perpustakaan FEB Unair?

Ini dia beberapa alasannya:

Bisa diakses mahasiswa luar Unair

Perpustakaan FEB Unair (atau sebut saja ruang baca FEB Unair) menyediakan layanan kepustakaan tidak hanya bagi mahasiswa, dosen, dan karyawan Unair saja tapi juga bagi mahasiswa dari luar Unair. Ini menjadi alasan utama kenapa kamu harus ke sana. Ya, seperti apapun perpusatakaannya kalau tidak dibuka untuk mahasiswa luar kamu tidak akan bisa mengakses apa yang ada di dalamnya, bener gak? Di ruang baca FEB Unair kita-kita yang bukan mahasiswa Unair juga bisa masuk dan menikmati fasilitas yang ada di sana, dengan persyaratan tertentu. Aku kasih tahu bagaimana aku masuk ke ruang baca FEB Unair empat tahun lalu. Untuk masuk ke sana aku bersama beberapa teman menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan membayar sebesar Rp. 5.000. Kita mendapatkan selembar kertas berwarna pink sebagai kartu tanda masuk pengunjung luar unair. Dengan kartu kita mendapatkan kuota selama 10 hari bebas keluar masuk ruang baca ini.

perpustakaan-unair
Kartu Tanda Masuk Pengunjung Luar Unair

Letaknya strategis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unair terletak di sebelah selatan Rumah sakit Dr Soetomo. Tempat yang strategis dan mudah sekali di jangkau. Kalau kamu masih bingung pakek GPS aja biar lebih gampang. Aku sendiri dari UTM naik motor menyeberang lewat jembatan Suramadu gak nyampek satu jam perjalanan. Ruang baca FEB Unair sendiri berada di Gedung ABC Fakultas Ekonomi dan Bisnis  Universitas Airlangga  Lt 5 Jalan Airlangga no. 4 Surabaya. Dari tempat parkir FEB Unair berjalanlah sedikit ke arah timur menuju gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, bangunan berlantai 6 dengan warna dominan biru di bagian pintu masuknya. Memasuki loby fakultas nuansa akademis yang professional begitu terasa. Mahasiswa dengan wajah serius dan kinclong-kinclong berlalu-lalang menenteng buku di tangannya. Apalah kita yang hanya mahasiswa kumus-kumus sepertinya karena terkena tiupan angin selat Madura, haha (padahal mah aslinya gitu). Ah sudahlah, kita lanjut aja naik lift menuju lantai 5 tempat dimana ruang baca FEB berada.

Memiliki banyak sekali koleksi pustaka yang kamu butuhkan

Ada begitu banyak koleksi skripsi yang ditulis oleh mahasiswa Unair. Jika kamu masih bingung mau mengambil tema apa untuk penelitianmu adalah pilihan yang tepat datang ke sana. Kamu akan menemukan begitu banyak judul skripsi sebagai bahan pertimbangan untuk memilih tema penelitian yang kamu sukai. Aku sendiri menemukan satu inspirasi di sana. Satu judul skripsi yang cocok dengan tema yang aku suka yaitu tentang daya saing suatu komoditas pertanian.

Menggunakan sistem layanan terbuka

Perpustakaan FEB menggunakan system layanan terbuka, artinya pengunjung dapat secara langsung menemukan dan memperoleh buku-buku yang dibutuhkan pada tempatnya. Pengunjung bebas memilih sendiri bahan pustaka yang ada di perpustakaan sesuai dengan kebutuhannya, perpustakaan unair FEB memberikan stimulasi pada pengunjung untuk memilih, mencari, dan menemukan bahan pustaka yang dibutuhkan.

Kamu bebas menyusuri setiap sudut dari ruang baca ini. Kalau tujuan kamu mencari inspirasi berkaitan dengan skripsi fokus aja menuju rak yang berisi ribuan skripsi. Supaya lebih mudah menemukan apa yang dicari kamu bisa pakai computer yang tersedia. Ketikkan saja key word yang kita mau. Nanti akan muncul banyak judul skripsi beserta informasi letak skripsi tersebut berada. Kamu akan lebih mudah menemukannya.

Suasana yang tenang dan menyenangkan

perpustakaan-unair
Ruang baca FEB Unair

Saat masuk ke ruang baca Unair suasananya tenang dan serius. Orang-orang yang ada di dalam sana pastilah orang-orang yang serius. Banyak dari mereka sedang serius di depan laptop, tenggelam dalam buku bacaannya, atau berdiskusi dengan teman semejanya. Aku sama temen-temen juga serius kok, serius menyusuri deretan rak berisi skripsi untuk mencari inspirasi. Meski kesan serius sangat terasa tapi suasananya tetap menyenangkan. Ada banyak sekali meja dan kursi untuk tempat baca yang dilengkapi dengan colokan. Meja dan kursinya juga beragam, ada pula yang lesehan pokoknya gak ngebosenin deh. Apalagi dilengkapi dengan layanan wifi.

Tempat fotocopy di dalam perpustakaan FEB

Jika kamu menemukan beberapa bahan yang cocok kamu bisa fotocopy langsung di dekat pintu masuk ruang baca ini. Penjaganya ramah banget dan cekatan membolak-balik kertas di atas mesin fotocopy. Kita hanya harus menandai bagian mana aja yang akan kita gandakan. Sembari menunggu proses fotocopy selesai kita bisa duduk manis di sofa empuk yang ada di depan tempat fotocopy. Sesekali boleh juga sambil foto-foto untuk megabadikan moment itu sebagai kenangan jika nantinya masa itu telah lama terlewat. Tapi inget jangan sampai mengganggu kenyamanan pengunjung yang lain.

perpustakaan-unair

Jajanan yang bikin kangen di Unair

Ini sebenarnya agak kurang berkorelasi, tapi jika kamu sudah ada di perpustakaan FEB Unair coba deh mampir ke kantin yang ada di dekat tempat parkir. Di sana ada jajanan yang rasanya juara, menurutku sih. aku suka sekali sama pentol dan gorengan di kios paling barat, di bagian selatan. Melihat pentol yang masih panas dan mengepul uapya bikin ngiler. Gorengannya mirip kripik-kripik yang biasanya ada di mi ayam itu loh. Kalau mereka dicampur dan dikasih saos tomat plus sambel, rasanya tuh bikin kangen sampek sekarang. di lain waktu ketika aku ke Unair lagi gak pernah absen beli jajanan yang satu itu.

Itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus ke perpustakaan FEB Unair saat akan menyusun skripsi. Bagiku momen-moment mencari inspirasi di perpustakaan FEB Unair adalah my fun experience with unair.

FYI: Waktu Layanan perpustakaan FEB Unair

Senin – Jum’at = 08.00. Wib s/d 19.00. Wib
Sabtu = 08.00. Wib s/d 15.00. Wib

4 thoughts on “Ini alasan kenapa kamu harus ke perpustakaan FEB Unair saat akan menyusun skripsi

Terima kasih sudah komen :)