Jelajah Kuliner Pamekasan di Jam Makan Siang

Bagaimana rasanya rindu? Tentu ingin bertemu bukan? Gak cuma pada seseorang tapi juga pada apapun yang sudah lama tidak kita jumpai, eaaahh. Bulan Ramadhan kemarin sebulan penuh kita berpuasa, sebulan itu juga kita tidak bertemu menu makan siang. Gado-gado, mie ayam, bakso, soto, sate, nasi bebek, rujak, de el el adalah deratan menu makanan yang membuat kita kangen. Tanpa perlu berdebat aku sama Mbak Rizka membuat kesepakatan, setiap jam makan siang kita akan menjelajahi makanan-makanan tersebut satu persatu. Tiga minggu terakhir ini kita beneran menjalankan misi tersebut. Aku punya ide untuk menuliskan misi ini di blog. Supaya semisal nanti kita sudah tidak lagi bekerja di tempat yang sama kita dapat mengenangnya melalui tulisan ini.

Memang sih kadang-kadang aja kita makan siang dengan menu-menu ini. Palingan kalau lagi bosen makan nasi atau memang bener-bener lagi pengen salah satunya. Tapi karena sudah lama tidak bertemu tetap saja rasanya kangen, ehem.

Warung Bu Sundari

kuliner-pamekasan

Hari pertama masuk kerja setelah lebaran kita meluncur ke warung makan langganan yaitu warung Bu Sundari yang tidak terlalu jauh dari kantorku. Tepatnya berada di depan kantor Sampoerna Desa Tambung Kec. Pademawu Kab. Pamekasan. Karena udah langganan jadi udah sangat kenal sama Ibu Sun yang cantik. Mumpung lagi nuansa lebaran juga mau maaf-maafan sekalian. Biasanya abis lebaran gini warung-warung makan masih banyak yang tutup. Tapi di sini selalu buka, cuma menunya masih kurang lengkap. Menu makanannya masakan ala-ala rumahan. Yang paling aku suka ikan pari asap, dengan menu pelengkapnya tumis kacang hijau, dadar jagung, tahu, tempe, plus sambel yang mantap suratap. Harga pun terjangkau sekitar 8-10 ribu rupiah.

Nasi Padang

kuliner-pamekasan kuliner-pamekasan

Rasa gurih dan pedasnya khas banget masakan padang, apalagi gulai daun singkongnya selalu bikin nagih. Kita ke sini kalau lagi pengen banget aja, di Jl Jokotole dekatnya Indomart. Menu makanan seperti ayam, rendang, udang, ikan laut, terdisplay di etalasenya menggoda selera. Ada beberapa lukisan besar terpajang di dinding ruangan, lukisan Rumah khas Padang, Monumen Arek Lancor, Kerapan Sapi, dan Suramadu.

Rujak depan kantor

kuliner-pamekasan

Hari Sabtu kita kan masuknya setengah hari, jam 1 atau jam 2 sudah pulang. Makan siangnya yang ringan-ringan aja cuma buat pengganjal perut. Alternative yang pas yaitu rujak di depan kantor. Rujak ala desa yang tidak terlalu banyak varian isiannya, lontong, sayur berupa kangkung atau kacang panjang, timun, kadang-kadang rumput laut, irisan tahu goreng, dan remukan kripik tette. Bumbu kacangnya enak, asin dan manisnya pas di lidah. Biasanya porsi lontong lebih banyak, kalau kita selalu minta lontongnya sedikit aja karena gak bakalan abis. Dengan harga 5 ribu sudah bisa membuat perut kenyang.

Gado-gado

kuliner-pamekasan kuliner-pamekasan

Yang namanya gado-gado ya dimana aja sama kayak gitu. Lontong, sayur, irisan telur, kentang, tahu, disiram bumbu kacang. Tapi soal rasa tentu berbeda di setiap tempat. Gado-gado kesukaan kita di depan dealer Gading Sakti Motor Jl Bonorogo Pamekasan. Krupuk udang sama kripik melinjonya juga gak pelit. Di sana ada juga soto lamongan tapi aku belum pernah nyobain. Tempatnya bersih dan penjualnya ramah. Seporsi cuma 8 ribu.

Nasi Bebek Cak Yud

kuliner-pamekasan

Letaknya sangat strategis. Di Jl. Jingga pas di pertigaan menuju Jl. Niaga.Ada sebuah warung kecil bercat hijau muda dengan spanduk warna kuning bertuliskan “Depot Cak Yud”. Menu utamanya Bebek dan Ayam Goreng Bumbu. Bumbu kuningnya tuh meresap banget, ditambah bumbu kremes-kremes tambah maknyus. Dengan harga 11.000 kita sudah dapat seporsi nasi, bebek goreng, sambal, dan mentimun. Porsinya sih kecil, ukuran bebeknya tidak terlalu besar, dan nasinya tidak terlalu banyak, pas lah buat porsi cewek. Dibungkus pakek kertas minyak dilapisi daun. Rasanya jadi lebih mantap.

Mie Ayam Senayan

kuliner-pamekasan kuliner-pamekasan

Orang lebih mengenalnya dengan Mie Ayam Veteran karena letaknya di Jl. Veteran. Masuk gang di depan perpustakaan umum pamekasan. Ikuti jalan aja sampai ketemu warung kecil dengan tulisan Mie Ayam Senayan. Tempat ini gak pernah sepi, selalu banyak pengunjungnya. Kalau hari Jum’at biasanya tutup sebentar karena para pegawainya yang semuanya cowok shalat Jum’at. Itu aja banyak yang rela nungguin. Kita lumayan sering ke sini biasanya kalau lagi keluar kantor buat beli ATK atau pas lagi pengen tiba-tiba. Ada 2 pilihan menu, mie ayam ceker atau telur. Kalau aku yang gak bisa makan ceker pesennya yang telur aja. Mie ayam di sini rasa kecapnya mendominasi. Kalau yang suka kecap kayak Mbak riska nih masih nambah kecapnya, wow. Aku tambah saos sama sambel aja deh. Harga semangkok mie ayam ceker atau telur itu 10 ribuan.

Pecel Blitar

kuliner-pamekasan kuliner-pamekasan

Pecel, siapa yang gak suka pecel. Entah apes atau gimana. Kita niatnya mau beli rujak tapi karena penuh jadi ganti ke pecel Madiun, eh di sini antre juga. Standart sih aku biasanya pesen ayam sama dadar jagung. Sayurnya toge panjang sama kangkung. Bumbu pecelnya lebih manis dan pedes. Rempeyeknya lebih gurih berasa ada ikan terinya.

Campur depan kantor

kuliner-pamekasan kuliner-pamekasan

Selain rujak, warung di depan kantor juga menjual makanan lainnya yaitu campur (adek sepupu dari soto). Bedanya sama soto isiannya lebih sedikit cuma lontong, rempeyek, bihun, toge rebus, kadang ada dagingnya sedikit. Makannya pas hari Sabtu juga sebagai pengganjal perut. Harganya 4.000. Bisa juga ditambah bumbu rujak di atasnya.

Pecel Madiun

kuliner-pamekasan

Aku paling suka pepes tongkol sama dadar jagung. Di Pecel Madiun sayurnya daun singkong, ada irisan timun, kemangi sama biji lamtoro. Rempeyeknya lebih dominan rasa kencur. Kalau beli di sini kita minta nasinya porsi separuh aja karena porsi biasa banyak banget.

Soto Keppo

kuliner-pamekasan

Kalau mau makan soto Madura di Pamekasan dimana lagi kalau bukan di Soto Keppo. Letaknya yang strategis membuat wisatawan dapat mengunjunginya dengan mudah. Berada di Jl. Raya Pamekasan-Sumenep sebelah timur Pasar Keppo. Soto Madura dengan isian kripik kayak rempeyek, bihun, irisan kentang, telur, toge goreng dan suwiran ayam kampung disiram kuah bening. Bisa pilih mau nasi atau lontong. Jangan lupa jeruk nipis, kecap, dan sambelnya biar lebih nikmat. Harganya sangat terjangkau cuma 10.000.

Sate Gule Sopongiro

kuliner-pamekasan

Sopongiri legendaris sekali dengan sate gulenya. Ada sate kambing, sapi, dan ayam. Pesen 5 tusuk aja udah cukup banget bikin perut kenyang. Bumbu sate berupa sedikit kacang dan kecap dengan irisan bawang merah dan cabe. Ada juga nasi rames tapi kurang recomended. Kalau mau makan di sini harus bersabar ya karena pengalaman aku beberapa kali makan di sini pelayannya kurang ramah sama pelanggan. Tapi satenya enak loh harus kamu coba. Seporsi sate 5 tusuk harganya 18.000 plus gulenya 5.000. Letaknya di sebelah barat Pasar keppo.

Rujak Satengnga Dhulit

kuliner-pamekasan

Pengen makan rujak? Gak usah bingung. Ada rujak enak nih di Jl Stadion, tepatnya di belakang Dealer Sinar Baru. Bisa pesen rujak biasa (bumbu kacang), rujak dhulit (pakek petis aja), atau rujak setengah dhulit (kacang dan petisnya seimbang), ada juga rujak jawa. Aku lebih suka rujak setengah dhulitnya. Kalau mau makan rujak di sini harus rela antre karena gak pernah sepi dari pengunjung. Apalagi kan ngulek bumbu rujaknya juga butuh waktu ya. Kita memilih untuk pesan via telfon aja, jadi pas jam makan siang tinggal ngambil aja gitu. Jadi gak perlu nunggu terlalu lama.

Rujak di sini isinya macem-macem, lengkap banget, lontong, timun, ruput laut, irisan tahu goreng, rumput laut, nanas, mangga, bengkoang, sayur toge panjang dan kacang panjang, kripik tette, dan cingur. Karena banyak macemnya meski masing-masing cuma beberapa potong jadinya tetep banyak banget. ada tambahan krupuk udangnya juga loh. Harganya 10.000 per porsi.

Bakso Gong

kuliner-pamekasan

Hampir aja terlupakan kuliner yang satu ini kalau saja Mbak Martha gak ngajakin buat makan bakso. Ada Bakso beranaknya juga loh di sini. Tapi kita biasanya pesen yang jumbo aja. Ada mie ayamnya juga kalau mau. Lokasi Bakso Gong di Jl. Bonorogo Pamekasan. Kalau mau makan bakso boleh lah icip-icip di sini. Untuk harga standart 10.000 untuk bakso jumbo dan 20.000 untuk bakso beranak.

Finally misiku sama Mbak Rizka berhasil. Tulisan ini pun akhirnya jadi juga karena ditagih terus sama Mbak Rizka. Buat kamu yang mau ke Pamekasan ini sebagai referensi buat icip-icip kuliner yang ada di Pamekasan.

Terima kasih sudah komen :)