Kaleidoskop 2016

kaleidoskop-2016
My Best Nine 2016

Gak kerasa udah masuk tahun 2017 ya dan 2016 telah menjadi kenangan. Sebelum nulis resolusi buat 2017 mari kita lihat dulu apa aja yang terjadi dalam kehidupanku selama 2016. Harusnya tulisan ini aku buat sebelum tahun 2016 berakhir tapi karena beberapa kesibukan baru sempet nulis (halah, sok sibuk). Singkat aja ya biar cepet selesai. Resolusiku di awal tahun kemarin pengen banyakin jalan mengeksplore Madura dan menuliskannya di blog. Aku rasa resolusiku sudah 90% terealisasi ya meskipun masih banyak tempat lainnya yang belum aku kunjungi. Tahun kemarin aku tidak menargetkan mau kemana dan harus kemana yang penting jalan aja kemana kaki ini melangkah (gak usah lebay). Lebih banyak sih ke tempat-tempat yang belum banyak dikunjungi orang. bahkan lebih banyak tempat yang aku kunjungi bukan merupakan tempat wisata tapi memiliki keindahan yang gak kalah asyik. Dan ini dia rangkuman perjalanku selama setahun kemarin.

Januari

Aku membuka tahun 2016 dengan kentjan bareng Miss Wasi yang lagi sama-sama free. Pas tahun baruan kita kulineran ke daerah Ponjuk Pakong. Menyantap menu makanan Lang tolang dan Paes yang bikin nagih plus segarnya kelapa muda.

Februari

Gak ada rencana sebelumnya tiba-tiba aja aku sama Ulva pergi ke Nong Tengnga di Daerah Kadur dengan view alam yang mirip-mirip dikit lah sama Paralayang Malang. Seminggu kemudian kuliner Kaldu Kikil Pakong bareng Wasik, Ulva, Ikoh dan Dek Dian. Pulangnya masih lanjut ngebolang hingga sampai di bekas penambangan batu kapur di Blumbungan.

kaleidoskop-2016
Penambangan batu kapur di Blumbungan

Maret

Kalau bulan sebelumnya kita ke daerah Utara Madura bulan ini kita menjelajah bagian selatan pamekasan yaitu ke Mangunan di Pademawu, kulineran makanan khas Pademawu yaitu Campur Lorjuk, hingga sampai ke Instalasi pengembangan Sumber Daya Air Laut di Padelegan.

kaleidoskop-2016
Mangunan

Tanggal 27 Maret ada acara Kirab Ritual Laut di Vihara Avalokitesvara Pamakesan yang gak jauh dari rumah. Tapi aku ke sana tanggal 26 nya sebelum acara puncak dimulai. Tanggal 27 Maret 2016 Aku ikut acara Road Blog Madura yang diselenggarakan Excite dan Plat M. Ternyata lokasinya pas di depan Vihara Ang An Bio Bangkalan. Sebelum acara di mulai masuklah aku ke sana sebentar.

April

Bareng temen-temen yang masih sama-sama free kita makan-makan di Asela. Tempat makan yang memberikan sensasi makan seafood di pinggir laut. Esoknya aku sama Ulva pergi ke Bukit Tinggi Daramesta karena yang lain pada gak bisa. Tempat wisata yang lagi hits di Lenteng Sumenep.

kaleidoskop-2016
Air Terjun Durbugan

Air terjun Durbugan adalah tempat yang aku kunjungi bersama temen-temen di bulan ini. letaknya di daerah Kowel Pamekasan. Lumayan lah gak jauh-jauh banget dari rumah.

Mei

Akhir bulan ini aku nganterin Adek tes SNMPTN di Untag (Universitas 17 Agustus) Surabaya. waktu lagi nungguin adek tes aku jalan-jalan bentar ke Taman Flora yang aku kira letaknya gak terlalu jauh. Tepatnya di sebelah utara Terminal Bratang. Tapi ternyata capek juga ya jalan kaki ke sana, sendirian pula. Untungnya Taman Flora begitu sejuk dengan banyaknya pohon-pohon yang menaungi. di sana ramai sekali dengan anak-anak kecil dari beberapa sekolah. Tempat yang asyik buat bermain dan belajar.

Juni

Bulan Ini aku break ngebolang karena sakit pas beberapa hari sebelum bulan puasa. Harus istirahat total sampek beneran sembuh. Puasanya jadi banyak bolong gak bisa ngebolang pula, hiks.

Juli

Ada tempat wisata baru di Pamekasan namanya Selamat Pagi Madura (SPM). Baru dilaunching bulan ini jadi aku ke sana bareng temen-temen. Sekalian ngajakain ponaanku, Uly jalan-jalan sebelum berangkat ke pondok pesantren di Al-Amien Parenduan. Wisata Edukasi ini juga terdapat Bukit Cinta yang bikin SPM jadi ngehits.

kaleidoskop-2016
Bukit Cinta Selamat Pagi Madura (SPM)

Seminggu kemudian aku nganterin adek buat tes Masuk kuliah Universitas Airlangga (Unair) yang berlokasi di ITATS. Sekalian aja mampir ke Taman Sakura dan hutan Bambu yang katanya mirip Hutan Sagano di Jepang. Dari ITATS tinggal lurus aja ke timur mengikuti jalan hingga sampai di terminal Keputih Surabaya.

Agustus

Lama banget gak ke Pantai ternyata kangen juga. Akhirnya aku sama Ulva planning ke Pantai Toraja di Romben Barat Kecamatan Dungkek Sumenep. Sebelum itu kita mampir ke Mercusuar Tanjung di Saronggi. Di sana juga ada pantai dengan hamparan karangnya. Di Pantai Toraja aku menemukan spot favorit yang bikin kangen. Tempatnya tenang dan sejuk.

September

Perjalanan ke Situbondo sangat menyenangkan bisa melihat deretan gunung dengan sangat jelas. Aku ke sana dalam rangka ikut saudara sebelah rumah mengunjungi saudara yang ada di Situbondo sekalian juga wisata religi ke Bukit Pecaron.

Pas lagi off dari kantor aku ke Kenpark Surabaya. Gak niat jalan-jalan sih cuma karena lagi ada keperluan jadi mampir aja ke sana. Makan Lontong Balap dan lontong kupang yang ternyata kurang sesuai di lidahku. Melihat-lihat patung Budha empat wajah, masuk ke Vihara Sanggara Agung yang di belakangnya terdapat patung Dewi Kwan In pas di pinggir laut. Ada wahana atlantisnya juga tapi belum buka.

kampung-warna-warni-jodipan

Tanggal 25 September 2016 adekku berangkat ke Pare buat les Bahasa inggris. Aku yang mengantarkannya. Mumpung lagi off aku gak langsung pulang tapi melanjutkan perjalanan ke Malang. Mengunjungi rumah Isya dan jalan-jalan ke kampung warna-warni yang lagi hits di Malang. Selain itu silaturahmi ke rumah Mbak Aidah. Malemnya mengelilingi Kota Malang dan hunting foto di Monumen Melati yang ada di depan Museum Brawijaya Malang. Malam terakhir di Malang aku bareng seorang temen pergi ke Alun-alun Kota Batu dan menyaksikan kerlap-kerlip Kota Batu dari ketinggian Bianglala.

Oktober

Abis off cukup lama dari kantor bulan ini off dulu ngebolangnya karena bulan sebelumnya udah banyak jalan.

November

bukit-masegit

Bareng temen kantor aku ke Bukit Masegit di Omben, nanjak cukup tinggi buat sampai di puncaknya. Dan semua lelah terbayar lunas dengan keelokan pemandangan yang di sajikan dari atas Bukit Masegit. Perjalanan di lanjutkan ke Goa Keramik di Sumenep. Di sebut Goa keramik karena lantainya di keramik layaknya keramik lantai rumah.

Desember

Rencana jalan-jalan ke Air Terjun Toroan maupun ke Pantai Sembilan harus dicancel karena satu sebab. Sebagai gantinya aku menutup tahun 2016 dengan ngebolang tipis-tipis ke bekas penambangan Batu Kapur di Blumbungan. Beda tempat sama yang pernah aku kunjungi di bulan April lalu. Ternyata Bekas penggalian batu kapur di Blumbungan tidak cuma satu. Bisa jadi masih ada lagi tempat serupa yang belum aku eksplore.

kaleidoskop-2016

Kyaaa panjang juga perjalananku selama satu tahun ini. Tempat yang aku kunjungi sampai hari ini masih seputar Madura. Madura memiliki begitu banyak tempat wisata yang harus dieksplore. Berharap akan lebih banyak tempat-tempat yang bisa aku kunjungi di tahun mendatang agar lebih banyak hal yang bisa aku tuliskan di blog ini.

3 thoughts on “Kaleidoskop 2016

Terima kasih sudah komen :)