Keseruan Family Gathering di Jatim Park 2

Sabtu, 17 Agustus 2019

Samar-samar aku mendengar suara alarm yang di set pukul 23.30 berbunyi. Dengan malas aku bangun, dan bergantian mandi. Aku sama Mbak Nuri menginap di rumah Mbak Elin karena mau jalan-jalan ke Jatim Park 2 sama temen-temen kantor. Karena rumah Mbak Elin dekat dari kantor, kita bertiga berangkat dengan jalan kaki.

Family gathering kali ini merupakan reward dari perusahaan karena cabang di Madura mencapai target, yes. Semua karyawan dan keluarga boleh ikut, ada beberapa sih yang gak ikut karena berhalangan. Termasuk Febri, dia gak bisa ikut karena ada acara, hiks. Jadi berasa kurang lengkap deh.

Nyampek kantor temen-temen sudah banyak yang datang, memang kesepakatannya akan berangkat pukul 12 malam. Tapi kenyataannya Mbak Nuri dapat kabar kalau busnya telat, kemungkinan pukul 01.00, dan ternyata busnya baru datang pukul 02.00, huh.

Tak mau berlama-lama kami bersiap, briefing sebentar dan pembagian tempat duduk. Tak lupa sebelum berangkat berdoa bersama supaya diberikan kelancaran dan keselamatan dalam perjalanan.

Insiden dalam Perjalanan Menuju Jatim Park 2

Sepanjang perjalanan aku memilih untuk tidur saja supaya besok gak capek pas nyampek di Jatim Park 2. Sampai di daerah Galis Bangkalan kebanyakan dari kami yang tertidur kaget dan terbangun karena sepertinya bus yang kami tumpangi mengenai sesuatu dan berjalan tidak stabil. Aku pikir mungkin bannya meletus. Sopir bus dan rekannya turun untuk memeriksa. Bus kembali melaju di jalanan malam yang gelap tapi sopir bus tidak mengatakan apapun, menyisakan tanya tak terjawab di kepala kami. Katanya sih kaca bagian depan bus pecah.

jatim-park-2

Sampai di Polsek Galis sopir bus turun untuk mengurus insiden yang barusan terjadi. Setelah cukup lama menunggu bus kembali berangkat dan berhenti di pom bensin sebelum daerah Tangkel. Perjalanan kali ini penuh drama dan terasa sangat lama, bayangin aja udah siap dari pukul 12 malem tapi pukul 5 pagi masih belum keluar dari Madura, kan kesal. Ya udah, kami shalat subuh dulu sekalian ganti pakaian.

Setelah shalat subuh kami berganti naik ke bus lain karena bus sebelumnya harus diperbaiki. Perjalanan pun dilanjutkan, semoga berjalan dengan lancar dan gak ada kendala lagi. Kami melewati Jembatan Suramadu saat matahari terbit, cantik deh. Aku sama Mbak Elin lebih bersemangat dan bikin rusuh, nyanyi-nyanyi ngikutin lagu yang diputar di bus, asyik sendiri lah pokonya, haha.

Finally, Jatim Park 2

Akhirnya setelah melalui beberapa kendala dalam perjalanan kami sampai di parkiran Jatim Park 2 pukul 08.00. Pak Ahmad (Manager kami) sudah membawakan sarapan untuk semua. Kami makan bersama dengan rombongan dari Bangkalan yang juga ikut bergabung.

jatim-park-2

Dari tempat parkir Museum Satwa terlihat sangat megah dan langsung menyita perhatian. Bangunan berwarna putih dengan struktur klasik terdiri dari 6 pilar yang tinggi dan kokoh. Di kiri kanannya terdapat patung gajah yang sangat besar.

Gak boleh dilewatkan, kami foto bersama dong di depan Museum Satwa buat kenang-kenangan. Padahal masih belum jam sepuluh tapi matahari bersinar terik dan menyengat. Apalagi sesi fotonya menghadap ke arah timur, pas banget panasnya. Begitu selesai bikin video ucapan terima kasih kami segera bubar, nyari tempat yang adem.

Tiket Masuk Jatim Park 2

Tiket masuk Jatim Park 2 untuk weekend dan tanggal merah seharga 120.000, itu sudah termasuk Batu Screet Zoo dan Museum Satwa. Sedangkan tiket terusan Batu Secreet Zoo + Museum Satwa + Eco Green Park seharga 150.000 untuk weekend. Karena kami ke Jatim Park 2 tanggal 17 Agustus 2019 ada promo potongan 17.000, jadi perorang hanya bayar 103.000 berlaku selama bulan Agustus 2019. Tiketnya kami beli secara online dan karena masih kurang langsung beli di tempat pembelian tiket.

jatim-park-2

FYI, per 8 Desember 2019 tiket masuk Jatim Park 2 udah naik menjadi 130.000 dan 160.000 untuk paket terusan.

Eksplore Batu Secreet Zoo

Tepat pukul 10.00 Batu Secreet Zoo dibuka. Kami berdesakan mengantre memakai gelang tiket lalu scan barcode oleh petugas untuk masuk. Kalau di theme park lain kan dari pintu masuk tuh bisa memilih zona mana yang akan kita  kunjungi terlebih dahulu. Nah di Batu Screet Zoo sudah di setting supaya pengunjung berjalan mengikuti jalur untuk melihat semua koleksi binatang di sini tanpa terlewat.

jatim-park-2

Aku sama Mbak Elin hanya melihat sekilas berbagai jenis monyet dan binatang lainnya, apalagi di area reptile kami skip aja. Yang agak lama di area Aquarium, senang banget melihat berbagai jenis ikan berenang di dalam aquarium besar. Ada nemo yang malu-malu dan kawan-kawannya. Ada juga spot foto seakan-akan wajah kami berada dalam akuarium bersama ikan-ikan kecil yang sedang berenang.

Kalau semisal capek, di sini bisa menyewa sepeda listrik yang ada sebelum masuk area Savanah. Savanah sendiri berisi hewan-hewan afrika yang ada di dalam kandang kaca sehingga kita bebas melihatnya. Aku melihat zebra yang sedang berguling-guling di tanah yang kering.

Bermain Wahana di Happy Land

jatim-park-2

Sekitar 1 jam lah kami melihat koleksi binatang di Batu Secret Zoo. Dan ini yang kami tunggu-tunggu, zona Fantasy land dan Happy land yang berisi berbagai wahana permainan memantang.

Shark Coaster

Wahana pertama yang kami jajal adalah shark coaster, roll coaster dengan lintasan yang tidak terlalu panjang berbentuk hiu berisi 8 orang. Kami berteriak histeris melewati beberapa putaran yang memacu adrenalin.

Carousel

jatim-park-2

Berikutnya beralih ke wahana yang lebih slow, naik carousel berbentuk hewan seperti jerapah, unta, macan, kelinci, dan zebra. Aku langsung pilih jerapah dong karena ingat Lee Kwang Soo member Running Man, haha. Aku naik berdua sama Mbak Elin karena cowok-cowoknya gak ada yang mau, jadi aku kasih tugas buat ngevideoin aja.

Octopus

Mbak Elin mengajak naik wahana Octopus yang terlihat seperti tanga-tangan gurita. Nyaliku tiba-tiba menciut melihat pengunjung yang di puter-puter gitu. Jadi aku cuma lihatin Mbak Elin yang sepanjang permainan memejamkan mata karena ketakutan. Pas turun dia kayak orang mabuk, oleng karena pusing, haha.

Show Singa Laut, Willy dan Laro

jatim-park-2

Gak ada kapoknya, Mbak Elin ngajakin naik Tsunami tapi aku masih takut, apalagi cowok-cowoknya gak ada yang mau naik. Aku mengalihkan perhatian pada show singa laut yang sedang berlangsung dari Pukul 12.00. Lucu banget, atraksi singa laut menyelam dan terbang menyentuh bola. Terakhir ada sesi beberapa pengunjung diminta naik panggung untuk dicium sama Willy dan Laro, pinter banget.

Tsunami

Setelah melihat show singa laut Mbak Elin menagih janji untuk naik wahana Tsunami. Dengan mengumpulkan keberanian aku pun ikut bersama Mbak Elin, Mbak Yuni, dan Mbak Nuri. Antrenya cukup panjang, harap bersabar. Kami duduk di kursi memanjang bersama pengunjung lain sebanyak 17 orang.  Perlahan kursi terangkat searah jarum jam, kemudian semakin cepat, kadang diangkat ke arah sebaliknya. Rasanya tidak terlalu menakutkan, aku masih enjoy menikmati sensasi saat terangkat ke titik yang paling tinggi.

Mounkey House

jatim-park-2

Sebenarnya ada wahana yang sangat menantang yaitu Animal Coaster, tapi karena gak ada yang berani jadi skip aja. Lanjut ke wahana MonKey House. Setelah mengantre sebentar kami masuk ke sebuah rumah kecil berisi beberapa kursi yang berjejer. Semua kursi terisi penuh, perlahan rumah yang kami masuki terangkat dan sedikit memutar. Di luar pemandangan gunung dan area Batu Secreet Zoo terlihat lebih jelas, tapi pas keluar dari Monkey House kepala agak pusing karena diputar-putar tadi.

Aneka Game

Selain bermain wahana kami juga bermain-main membeli kupon dengan harga 10.000 dapat 5 kupon. Ada permainan melempar balon dengan jarum, memanah, melempar piring dengan bola tenis, memasukkan bola ke dalam keranjang basket dan macem-macem deh. Dan ini bikin kami ketagihan, seru banget main rame-rame sama yang lain.

Bumper Car

Terakhir aku sama Mbak Elin naik Bumper Car. Mobilnya unik-unik berbentuk aneka binatang. Lagi-lagi aku memilih jerapah dong. Serunya naik bumper car ini bisa teriak-teriak saat mobil menabrak mobil lain ataupun menabrak pembatas. Mbak Elin jago nyetirnya, kami jarang menabrak. Good job.

Uji Nyali di Rumah Hantu

Oh ya tadi aku, Mbak Elin, Riko, dan Alvin masuk ke rumah hantu sebelum naik Octopus. Pertama kali masuk suasana horror langsung terasa. Tak sengaja aku menoleh ke belakang dan melihat perempuan rambut panjang berpakaian putih yang terkenal dengan nama Mbak Kunti berjalan mengikuti dari belakang. Aku tahu itu manusia yang berperan sebagai hantu bohongan, tapi tetep aja bikin kulit merinding. Pengennya tak samperin tapi yang lain udah pada berjalan jadi ngikut aja dari pada ketinggalan sendirian.

jatim-park-2

Dari semua rumah hantu yang pernah aku coba, aku merasa di sini yang paling seram dan variatif. Setiap kali berjalan jenis suara dan makhluk seramnya berbeda-beda semakin menyeramkan. Yang paling seram menurutku saat melewati lantai kaca yang memperlihatkan mayat dan tulang belulang, terus lampunya tiba-tiba kedap kedip disusul suara perempuan tertawa semakin menjadi-jadi, hi…

Terus ada juga jalan buntu dengan pilihan 3 pintu yang tertutup. Kami mendorong pintu satu-persatu dengan takut. Aku udah ngebayangin tiba-tiba muncul hantu yang menakutkan saat pintu terbuka. Ternyata gak ada apa-apa, untungnya percobaan kedua kami berhasil membuka pintu yang tepat dan melanjutkan perjalanan.

Di hari kemerdekaan ini kami mendapat tantangan berupa clue dalam secarik kertas yang jawabannya ada di dalam rumah hantu. Tapi kami gagal karena jawabannya rancu dan juga nyarinya buru-buru karena takut, hihi.

Ada hal lucu, Saat berjalan tiba-tiba ada yang lewat dari arah berlawanan. Aku udah mau teriak karena aku pikir hantu yang mendekat, ternyata itu petugas yang lewat dengan santainya, hadeh.

Mengarungi River Adventure

jatim-park-2

Tak terasa udah pukul setengah 2 aja, padahal masih kurang main-mainnya. Terpaksa udahan main-mainnya karena pukul 14.00 sudah harus ngumpul di parkiran. Aku masih mencari 1 spot lagi, River Adventure belum aku temukan. Kami terus berjalan melewati tempat bermain anak yang  cukup luas dan wahana permainan air, kami skip dulu karena waktu terbatas.

Di area River Adventure ada bangunan berbentuk replika Kapal Nabi Nuh. Di bagian atas kapal terdapat replika hewan zebra, jerapah, dan gajah yang melongok ke sungai. Di sini kami naik perahu menyusuri sungai buatan, tapi antrenya agak lama tadi. Ada beberapa burung pelikan yang berenang mendekat, cantik tapi aku agak takut melihat paruhnya yang panjang. Di bagian tengah sungai terdapat pulau buatan yang dihuni para siamang. Seru banget berkeliling melihat air terjun buatan, buaya dan kuda nil buatan yang disetting timbul tenggelam kayak sungguhan. Sayang airnya agak keruh berwarna hijau. Terakhir kami dibawa masuk ke bagian bawah replika kapal nabi nuh berupa terowongan dengan tema dunia aladin.

Feeding Animal dan Tiger Land

jatim-park-2

Sebelum pintu keluar kami melewati area feeding animal, ketemu sama Lee Kwang Soo, eh jerapah maksudnya. Dan terakhir Dan terakhir kami melewati area Tiger Land yang berisi berbagai macam harimau.

Eksplore Museum Satwa

Udah jam 2 lewat sebenarnya, tapi kita masih menyelinap sebentar masuk ke Museum Satwa. Ada sangkar raksasa dan fosil hewan purba. Kami tertarik melihat berbagai jenis serangga yang tertata rapi di dalam lemari kaca. Kupu-kupunya cantik-cantik. Sayang banget karena duburu waktu kami hanya melihat sekilas koleksi hewan-hewan yang diawetkan. Tak sampai setengah jam kami udah keluar dari Museum Satwa karena udah ditunggu di tempat parkir.

Shalat di Masjid Agung An-nur Batu

jatim-park-2

Kami meninggalkan Jatim Park 2 pukul 15.00 menuju Alun-alun batu. Begitu turun dari bus aku sama Mbak Elin cepet-cepetan menuju Masjid Agung Annur yang ada di samping Alun-alun Batu. Kami bergantian ambil wudhu dan shalat. Saking serunya main di Jatim Park 2, baru kerasa kalau perut lapar. Kami mencari makan dulu di depan masjid. Ternyata yang jual kan udah agak sepuh, kami harus menunggu lama banget untuk makan spiring nasi dan ayam goreng. Ini memakan waktu banget, belum apa-apa rombongan udah ngajak balik abis makan. Niat hati setidaknya pengen naik bianglala di Alun-alun Batu, apalah daya hanya bisa melihat dari jauh karena udah harus pulang, sedih deh. Ya udah, semoga next time bisa main ke sini lagi.

2 thoughts on “Keseruan Family Gathering di Jatim Park 2

1. Asik banget mainnya Mbak..

Saya setuju mbak Titim memilih bei tiket Jatim Park 2. Mending begitu mbak bisa puas mainnya. Paket terusan sih memang lebih murah tapi gak jenak mainnya karena dikejar waktu. Sementara jam operasional Jatim Park hanya dari jam 10.00-18.00

Saya pernah ke sini jam 5 sore, walaah sudah sepi. Waktu itu saya ambil paket sama Eco Green Park. Kelamaan di Eco nya, lupa kalau masih ada 1 destinasi lagi, haha..

Eco Green Park bagus juga Mbak, ada rumah terbalik dan Music Park. Saya sampai 2 kali ke sni, hehe

1. Iya Mbak, wahananya seru-seru apalagi rame-rame sama temen
      Wah, kalau jam 5 sore udah mau tutup ya Mbak
      Oh ya? kemarin saya gak ke Eco Green Park waktunya gak cukup, mungkin bisa dicoba lain waktu

Terima kasih sudah komen :)