Lebih Ekstra Menjaga Kesehatan Setelah Sembuh Dari Sakit

theragran-m

Beberapa hari sebelum bulan Ramadhan kemarin aku sempat drop. Awalnya aku pikir masuk angin biasa karena gejalanya cuma greges gitu. lalu nafsu makanku hilang dan menyusul gejala lainya seperti demam, mual, muntah, dan badan terasa lemas. Kemudian putih mata dan kulit menguning, begitu juga urine yang berwarna gelap seperti teh. Setelah diperiksa ke dokter ternyata hasil chek-up menunjukkan kalau aku positif Hepatitis A.

Hepatitis A merupakan terjadinya peradangan hati karena terinveksi virus Hepatitis A sehingga membuat kadar bilirubin meningkat dan aktivitas SGOT dan SGPT juga naik. Hasil labku menunjukkan kalau nilai SGOT sampai 124 dan SGPT 129 yang normalnya untuk perempuan maksimal 31. Peradangan pada sel hati menyebabkan bilirubin ini disimpan oleh kantung empedu dan masuk ke usus dan darah yang menyebabkan warna kulit dan bola mata kekuningan (Jaudince).

theragran-m

Karena sakit inilah aku harus istirahat total meski gak sampek opname sih tapi tetep gak boleh masuk kerja dalam waktu yang cukup lama. Waktu itu ada rencana jalan-jalan yang terpaksa harus aku gagalkan karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan. Dan yang paling bikin sedih, aku gak bisa berpuasa di bulan Ramadhan yang hanya setahun sekali. Memang sih ada keringanan buat orang yang sakit untuk tidak berpuasa dan bisa menggantinya di lain waktu ketika sudah sembuh. Tapi kan tetep aja lebih afdhol kalau puasa di bulan Ramadhan yang penuh berkah. Ya mau gimana lagi kalau lagi sakit gak boleh dipaksain, nanti malah tambah parah.

Supaya cepet sembuh dan bisa segera menjalankan ibadah puasa ini dia beberapa hal yang aku lakukan:

  1. Minum obat teratur

Setelah dari dokter aku mendapat obat berupa kapsul berwarna merah gelap yang harus diminum sehari 3x selama seminggu penuh. Aslinya aku gak suka minum obat, tiap kali minum itu kapsulnya harus dituang ke sendok, dicampur air sedikit, baru bisa masuk. Kalau diminum langsung gak bisa masuk, selalu dimuntahin karena ukurannya cukup besar. Meskipun rasanya sangat pahit aku tetap harus meminumnya kalau mau cepat sembuh.

  1. Istirahat cukup

Dokter menyarankan aku agar beristirahat total karena taka da pengobatan khusus untuk hepatitis A. istirahat diperlukan untuk memberi kesempatan sistem imun memerangi infeksi virus.

  1. Menjaga pola makan dan kebersihan

Makanan yang bergizi juga sangat diperlukan terutama untuk buah dan sayuran. Meskipun aku gak terlalu suka buah dan sayur tapi tetap aku usahakan mengonsumsinya dengan teratur. Saat askit aku gak boleh makan pedas, kecut, minuman bersoda, dan santan. Selama aku sakit sekeluarga jadi ikutan gak makan pedes. Ibu membuat dapur jadi steril dari cabe. Padahal gak enak makan gak ada sambel. Selain itu untuk memulihkan kesehatanku dibantu dengan mengonsumsi rebusan temulawak dan gula merah. Temu lawak berfungsi memelihara fungsi hati dan menurunkan kadar SGOT dan SGPT.

Penyebaran virus hepatitis A biasanya lewat konsumsi makanan yang terkontaminasi hepatitis A akibat kebersihan kurang terjaga. Untuk mencegah virus ini menyebar perlu teratur mencuci tangan sebelum makan dan tidak jajan makanan sembarangan.

  1. Olahraga ringan dan berjemur

Pagi saat matahari belum sepenuhnya bersinar aku mengusahakan untuk berjalan kaki di sekitar rumah. Tubuh masih lemas jadi jalannya perlahan aja menghirup udara pagi yang sejuk. Jalan pagi ini aku maksudkan untuk melatih tubuh kembali bergerak cukup karena selama sakit hanya terbaring lemas tak berdaya. Ada yang bilang kalau sakit kuning sebaiknya berjemur di pagi hari jadi agak siangan dikit aku biasanya duduk di teras rumah untuk mendapatkan manfaat sinar ultraviolet bagi tubuh.

  1. Minum multivitamin

Multivitamin membantu untuk memenuhi asupan vitamin yang kurang saat sakit karena selama sakit tidak bisa makan dengan benar.

Alhamdulillah setelah istirahat cukup lama akhirnya chek-up lagi hasilnya sudah bebas dari virus hepatitis A. Tingkat SGOT dan SGPT mulai turun mendekati normal. Alhamdulillah. Tapi tetep ya belum boleh beraktivitas terlalu berat dalam masa pemulihan. Apalagi penyakit hepatitis A membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk bisa sembuh total.

theragran-m

Kondisi tubuh setelah sakit belum sepenuhnya kuat masih terasa sedikit lemas tapi sudah lebih baik dari sebelumnya. Dan supaya masa pemulihan berjalan lancar harus lebih ekstra dalam menjaga kesehatan. Tetap menjaga pola makan, makan-makanan yang bergizi, menghindari makanan yang menjadi pantangan selama sakit, dan yang paling penting gak boleh kecapean. Setelah sembuh dari sakit malah harus lebih ekstra menjaga kesehatan supaya tidak kambuh lagi.

Karena baru sembuh dari sakit tubuh masih rentan terserang virus penyakit karena imunitas tubuh belum sepenuhnya kembali kebal. Karenanya harus lebih ekstra menjaga kesehatan untuk mengembalikan kekebalan tubuh.

Sejak terkena hepatitis A aku lebih sering merasa capek sampek sekarang. Kalau sudah begitu harus dibantu dengan multivitamin untuk membuat tubuh lebih segar. Nah kebetulan aku dapat kiriman Theragran-M yaitu multivitamin yang membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit. Theragran-M mengandung Magnesium tinggi yang berperan penting dalam mengembalikan, meningkatkan serta mempertahankan daya tahan tubuh agar cepat pulih dari sakit. Theragran-M merupakan Vitamin yang bagus untuk Masa Pemulihan. Theragran-M juga mengandung vitamin yang lengkap.

theragran-m

Setelah mengkonsumsi multivitamin ini tubuh terasa lebih segar dan rasa capek perlahan hilang. Mengkonsumsi multivitamin ini membuatku bisa beraktivitas dengan lancar karena tubuh jadi lebih fit dan gak mudah lelah. Theragran-M memang vitamin yang bagus untuk Mempercepat Masa Penyembuhan. Kalau tubuh sehat aktivitaspun lancar dan bisa bebas melakukan apapun, bebas bekerja, bebas ngumpul sama temen, dan tentunya bebas jalan-jalan. Kesehatan itu tak ternilai. Kesehatanku adalah moment berhargaku.

“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho.”

23 thoughts on “Lebih Ekstra Menjaga Kesehatan Setelah Sembuh Dari Sakit

  1. Bener banget harus menjaga pola makan dan kebersihan, karena saya dan anak #1 da alergi debu, jadi kebersihan untungnya selalu terjaga. Tapi masih PR untuk menjaga anak jajan makanan yang dijual di sekolah yg belum tentu bersih..:D

  2. Wah…., dirimu sakit, Tim? Selalu jaga kesehatan, deh. Kata orang bijak bilang, lebih baik menjaga daripada mengobati. Lebih mahal pengobatan daripada menjaga kesehatan.

Terima kasih sudah komen :)