Liburan Akhir Tahun, Jelajah Wisata Surabaya #Part 2

Sabtu, 26 Desember 2016.

Selamat pagi, Surabaya!!!

Ini hari kedua kita di Surabaya. Cerita di hari pertama lihat di postingan Liburan Akhir Tahun, Jelajah Wisata Surabaya #Part 1 ya. Sepagi ini udara Kota Surabaya masih cukup segar. Lalu lalang kendaraan juga lengang, beda banget dengan Surabaya di siang hari. Ternyata Surabaya sejuk juga ya di pagi hari begini. Yuk kita lanjutkan petualangan hari ini. Destinasi hari kedua kita mau ke taman bungkul, Toga Mas, dan Tugu Pahlawan ditambah lagi ke Gramedia Ekspo. Cekidot…

Taman Bungkul

Jam 05.00 kita menyusuri jalanan Surabaya yang masih sepi dari kendaraan menuju Taman Bungkul yang terletak di Jl Raya Darmo Surabaya. Sudah sering sih melintas di depan taman ini tapi baru kali ini berkesempatan menginjakkan kaki di sini.

taman-bungkul taman-bungkul

Setelah memarkir motor di bagian selatan kita berjalan memasuki taman. Di bagian selatan ini kita memasuki areal skateboard dan BMX track. Tak banyak orang di sini, hanya terlihat beberapa petugas kebersihan sedang melaksanakan tugasnya membersihkan taman. Berjalan ke arah utara kita menemui tempat bermain untuk anak-anak. Udaranya begitu sejuk dengan rimbunnya pepohonan yang menaungi. Aku baru tahu kalo bangunan yang berada di antara areal skate board dan BMX track dan taman bermain ini adalah areah pemakaman Mbah Bungkul.

Untuk mengisi perut yang kosong kita membeli jajanan kue leker di sebelah utara taman. Kue khas Surabaya dengan adonan yang dituang tipis-tipis ke wajan sebentar lalu diberi beberapa irisan pisang, gula pasir dan meises kemudian dilipat menjadi dua dan dibungkus kertas kecil. Kita mengelilingi areal taman untuk melihat-lihat seluruh bagiannya. Di bagian tengah Amfiteater masih basah karena sedang dibersihkan sehingga kita tidak bisa duduk-duduk di pinggirannya. Tempat ini lah yang sering digunakan untuk arena pertunjukan dan kalau sore hari katanya digunakan buat tempat bermain bola.

Kita mencari tempat duduk yang tidak basah di bagian selatan untuk makan kue leker yang tadi kita beli dan beberapa camilan yang kita bawa. Kue lekernya enak, kerasa banget pisangnya meski cuma sedikit, suka sama pinggiran adonan kulit kue leker yang keriuk. Setelah cukup lama ngemil sambil ngobrol-ngobrol sama Ila kita nyari makan dulu buat melanjutkan perjalanan.

taman-bungkul taman-bungkul

Di bagian timur laut Taman Bungkul kita menemukan penjual nasi pecel yang mangkal dengan mobil carrynya. Bagian belakang mobil disulap menjadi lapak tempat lauk-pauk ditata dengan rapi. Penjualnya juga ada di dalam mobil yang melayani para pembeli di luar mobil. Banyak sekali orang-orang yang habis bersepeda dan berolahraga makan di sini. Terasa lebih nikmat sarapan dengan suasana baru seperti ini. Setiap perjalanan selalu menyajikan hal-hal baru untuk bisa kita nikmati. Alhamdulillah.

Tugu Pahlawan

Lepas sarapan kita berniat ke toko buku Toga Mas tapi sayang kita nyampek sana kepagian. Dari pada kita bengong berdua di depan Toga Mas mending ke Tugu Pahlawan dulu baru nanti balik lagi ke sini. Jadinya bolak-balik sih tapi gak apa-apa lah itung-itung muterin Surabaya.

tugu-pahlawan

Beruntunglah ada GPS yang menunjukkan jalan yang kita tuju. Aku sepenuhnya mengandalkan GPS karena kita gak terlalu paham jalanan Surabaya. Setelah memarkir motor kita masuk ke areal Tugu Pahlawan dan Museum 10 November. Cerita lengkapnya kapan-kapan ya karena ada point khusus yang mau aku ceritakan. Sabar ya nunggu kelanjutan cerita ini. Puas mengelilingi tugu pahlawan kita kembali ke Toga Mas buat hunting buku. Apa sih ini bolak-balik gak jelas, hehe. Yang sabar ya bacanya biar gak pusing. Ok kita lanjut.

Toga Mas Diponegoro

Setiap ke Surabaya bareng Ila pasti gak pernah absen ke toko buku. Dan setiap kali kita ke toko buku pasti ke Toga Mas di Jl Diponegoro No 9 Surabaya. Beneran deh aku belum pernah ke toko buku lainnya di Surabaya selain ke sini. Udah kadung ngerasa nyaman dari awal sama tobuk yang terletak di sebelah utara Kebun Binatang Surabaya (KBS) ini. Hanya beberapa langkah dari KBS, rutenya gampang jadi mudah diingat. Yang paling bikin seneng belanja di sini mesti ada diskonnya. Siapa yang gak suka.

Bagian depan adalah tempat penitipan barang dan kasir. Di sini terdiri dari beberapa ruangan yang berisi rak-rak buku sesuai gendrenya. Ruangan kanan bagian depan merupakan bagian alat-alat tulis. Ruangan favorit kita adalah ruangan bagian belakang yang berisi novel dan jenis fiksi lainnya. Tempatnya semi terbuka dan terpisah dari bangunan utama. Di sinilah kita hunting sepuasnya novel yang ingin kita beli. Setelah dapet apa yang kita cari waktunya bayar di kasir. Pas kita ke sana ada badut tokoh kartun minion dan teman-temannya. Sambil nunggu pembayaran di kasir kita foto-foto dulu sama badut-badut ini. Cheerrsss.

toga-mas
Pose sama Minion dkk di Toga Mas

Gramedia Expo

Sebelumnya Gramedia Expo gak ada dalam itinerary kita. Tapi karena ada 1 novel yang ingin Ila beli dan gak ada di Toga Mas, kita nyari di Gramedia Expo di Jl. Basuki Rahmat No 93-105 Surabaya. sempet muter-muter tadi karena kelewat tapi akhirnya ketemu juga jalan yang bener. Kita memarkir motor di bagian bawah kemudian langsung menuju lantai 2 dengan eskalator. Tempat ini luas banget di bagian selatan tempat alat-alat tulis yang lucu-lucu. Nah di bagian utara nih tempat buku-buku berjajar di rak-rak. Sambil nyari-nyari novel yang Ila pengen bolehlah foto-foto dikit, hehe. Setelah dapet novel yang Ila mau kita pun pulang.

toga-mas gramedia

Dengan ini berakhir sudah Liburan akhir tahun kita menjelajah wisata Surabaya. Sampai jumpa di cerita berikutnya. 🙂

4 thoughts on “Liburan Akhir Tahun, Jelajah Wisata Surabaya #Part 2

Terima kasih sudah komen :)