Mandeh, Pesona Tersembunyi di Sumatera Barat yang Secantik Raja Ampat

mandeh
Sumber : dafatour.com

Kalau Papua punya Raja Ampat, Sumatera Barat punya Puncak Mandeh. Dua tempat di dua pulau paling ujung Indonesia ini memiliki kecantikan yang mirip satu sama lain. Banyak wisatawan yang bilang Mandeh itu Raja Ampatnya Sumatera Barat.

Dimana sih Mandeh itu?

Sebenarnya Mandeh adalah nama julukan dari Kawasan Wisata Bahari Terpadu Mandeh yang terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kota Padang, dengan jarak sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota.

Apa yang istimewa dari Mandeh?

Sumber : indonesia.travel
Sumber : indonesia.travel

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Julukan Mandeh sebagai Raja Ampatnya Sumbar tidaklah berlebihan, karena pemandangan dari Puncak Mandeh memang sangat cantik, mirip dengan pemandangan yang bakal kamu temui di Raja Ampat.

Gugusan pulau cantik dengan air laut nan jernih menjadi pemandangan dari Puncak Mandeh. Dan saking cantiknya, Raja Salman dari Arab Saudi pun terpesona dengan kawasan ini ketika berkunjung ke Indonesia. Selain itu, Puncak Mandeh juga dinobatkan sebagai peringkat pertama kategori Surga Tersembunyi Terpopuler di Indonesia pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) II.

Gugusan Pulau nan Indah

mandeh
Sumber : wisatapulausumaterabarat.com

Dari Puncak Mandeh, gugusan pulau di Teluk Carocok Terusan menghampar dengan indahnya. Gugusan ini terdiri dari beberapa pulau yaitu Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil, dan Pulau Cubadak.

Sementara itu di kawasan lingkar luar utara terdapat Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular dan Pulau Marak yang sama cantiknya. Semua tempat ini bisa kamu datangi dengan perahu-perahu kecil yang disediakan oleh penduduk setempat untuk hopping island di sana.

Kampung-Kampung Wisata

Selain menikmati pantai dengan pasir putih bersih menghampar di semua pulaunya, liburan di Mandeh juga bakal lebih seru kalau kamu menikmati kampung-kampung wisata yang ada di sana. Beberapa kampung berikut bisa jadi pilihan, yaitu Kampung Sungai Pinang, Kampung Pulau Karam, Kampung Sungai Nyalo, Kampung Sungai Tawar, Kampung Mudiak Air, Kampung Teluk Raya dan Kampung Simpang Carocok.

Kampung-kampung ini sekarang masuk dalam pengembangan wisata Mandeh yang sedang digarap oleh Dinas Pariwisata Sumbar dan sudah siap menyambut wisatawan dengan keramahan dan juga aneka tradisi dan budaya lokal yang memikat.

Alam yang luar biasa indahnya

mandeh
Sumber : udaindra.blogspot.co.id

Kawasan Mandeh tidak hanya cantik dilihat dari kejauhan. Namun juga amat menawan ketika didekati. Ratusan pantai berpasir putih landai bakal kamu temui di sana. Lengkap dengan beberapa spot diving dan snorkeling yang memesona. Pilih pulau mana saja, pesonanya sama luar biasanya.

Dan yang paling cantik dari kawasan ini adalah pemandangan matahari terbenam alias sunsetnya yang menawan. Torehan warna jingga di ufuk barat kawasan Mandeh, akan menjadi kenangan yang tak terlupa.

Bagaimana cara menuju Mandeh?

Mudah saja untuk menuju Mandeh. Kamu bisa membeli tiket pesawat promo ke Kota Padang, setelah itu lanjutkan perjalanan via darat menuju Mandeh yang jaraknya kurang dari 60 kilometer. Jalur menuju Mandeh pun sudah diperbaiki oleh pemerintah, sehingga kamu tak perlu bersusah payah menempuh perjalanan ke sana.

Tiket pesawat promo ke Padang pun beragam dan bisa kamu temui setiap hari. Berbagai maskapai melayani rute ke Padang dengan banyak pilihan jadwal. Bisa kamu sesuaikan dengan jadwal liburan nanti.

Pesona Mandeh adalah surga tersembunyi yang tak boleh kamu lewatkan buat liburan kali ini. Berburu tiket pesawat promonya sekarang yuk!

Terima kasih sudah komen :)