Memahami Kode Touring

wpid-20150125_141729.jpg

Postingan sebelumnya aku menulis tentang Touring ke pantai Nepa Sampang. Isinya secara garis besar tentang cerita perjalanan dan kesan-kesan di sana. Kali ini aku mau bahas khusus tentang touring dadakan kita tersebut. Touring perdana yang mengesankan. Sedikit banyak perjalanan kemarin memberiku pengetahuan baru tentang touring. Tentang keseruan, kebersamaan, dan kekompakan.

image

Ini sekedar sharing aja tentang pengetahuan baru yang aku dapatkan. Ini dia beberapa kode yang aku pahami.
1. Acungan jempol pertanda Ok.
Artinya kita bisa terus maju karena tak ada hambatan berarti. Ini biasanya dipakek kalo kita mau menyalip kendaraan lain. kalo leader mengacungkan jempol artinya kondisi baik jadi gak perlu ragu untuk menyalip mengikuti teman-teman di depan.
2. Tangan terkepal.

Artinya ada hambatan di depan harus pelan-pelan. Di sepanjang jalan yang kami lalui banyak sekali peminta amal biasanya untuk pembangunan masjid. Nah di sini biasanya temen-teman pakek kode ini.
3. Tangan tegak ke depan artinya kita membentuk barisan. Jarang sih pakek kode ini.
4. Kaki diturunkan semua artinya jalan yang dileati kurang bagus. Biasanya pas ada jalan berlubang.
5. kaki kiri atau kanan ke bawah. Sama kayak point empat tapi cuma di bagian salah satunya jalan yang bermasalah.

Gitu aja sih kode-kode yang aku tahu. Selain tentang keseruan dalam perjalanan aku dapat melihat kepemimpinan di sini. Yang ada di paling depan (sebut saja leader) selalu memperhatikan dan menjaga teman-teman yang ada di belakangnya. Aku melihat ini terutama saat mau menyalip. Leader akan menyalip pada saat semua anggotanya memungkinkan untuk menyalip semua. Sekalipun dia bisa menyalip tapi ada kendaraan besar atau hambatan lain yang membuat temen-teman di belakangnya tidak bisa menyalip ia tidak akan menyalip. Pada saat menyalip ia tak langsung ke pinggir. Ia masih mengambil posisi sedikit ke tengah jalan untuk memberikan ruang kepada yang di belakang untuk bisa menyalip. Aku mengartikannya juga sebagai isyarat kepada kendaraan yang berlawanan untuk lebih berhati-hati karena ada kendaraan lain mau menyalip. Semacam minta ijin gitu lah kalau teman-temannya mau menyalip. Hehe. Solidaritasnya tinggi banget kan.

Terima kasih sudah komen :)