Mengeksplore Wisata Goa Lebar Sampang

Sabtu ini tanggal merah, tahun baru hijriah. Aku bersama Ila main-main ke rumah Fifi di Sampang. Sekalian ke Sampang niatnya sih nanti pas pulang mau mampir ke taman bunga dan monumen Sampang aja. Terus Fifi yang emang kelewatan baiknya bersedia menemani kami ke Goa Lebar. Salah satu wisata alam di Sampang yang letaknya masih di kawasan kota. Jadi deket lah kalau naik motor. Tepatnya di Jl. Pahlawan Kel. Rongtengah Kec. Sampang kota Kab. Sampang. Akses menuju ke sana lumayan mulus tapi banyak sekali polisi tidur menghadang karena memang jalan yang kita lewati adalah perumahan. juga harus tetap hati-hati karena jalannya menanjak dan ada sedikit belokan-belokan gitu. Jalannya juga tidak lebar sehingga tidak muat kalau dilewati mobil. Sampai di sana langsung masuk area parkir. Oh ya sudah ada wahana kolam renang dengan tiket masuk Rp. 5.000 tapi kita tidak masuk. Wilayah ini adalah perbukitan sehingga kita dapat menyaksikan landskap kota sampang di arah barat dengan kubah masjid jamik yang berwarna hijau mencolok.

Di mulut Goa kita disambut sama Pak Sakera yang sedang memanggul atap goa. Konon tempat ini dulunya adalah tempat penambangan batu kapur untuk batu bata. Tapi kemudian sebagian sisinya runtuh. Jadilah terbentuk lobang yang lebar sehingga disebutlah goa lebar. Pak sakera ini gak pernah nagih uang tiket masuk loh karena mengunjungi tempat ini gratis tis tis sepuasnya. Mau nginep juga gratis, hehe. Pak sakera ini juga tidak pernah menolak untuk diajak foto bersama jadi mari kita berfoto dulu.

pose sama pak Sakera
pose sama pak Sakera

Waktu pertama ke sini dulu hanya bisa melihat goa ini dari belakang Pak Sakera. Tapi sekarang kita bisa masuk ke dalam karena tempat ini sudah mendapat sentuhan pembangunan dari pemerintah.

Goa selalu identik dengan gelap dan sempit. Tapi jangan pernah berharap menemuinya di sini. Setelah melewati beberapa anak tangga kita memilih melihat-lihat ke bagian timur. Banyak bongkahan batu besar berserakan. Diantara celah batu-batu ini kita terus mencari jalan hingga sampai pada goa berdinding tebing yang tinggi jenis batu kapur. Eksotis banget. Kata Ila sih seperti berada di goa dalam film Avatar. Ada sebuah bongkahan batu yang sangat besar dan aku tertarik untuk naik ke atasnya. Ila juga jadi ikutan naik. Dan Fifi yang jadi fotografer kita dari bawah.

lewat sini jalannya
lewat sini jalannya
tinggi banget kan tebingnya???
tinggi banget kan tebingnya???
akhirnya Ila ikutan naik
akhirnya Ila ikutan naik

Di sebelah barat juga ada goa dengan dinding tebing tapi tempatnya masih kalah lebar sama yang di timur. Udara di sini lembab membuat kami berkeringat. Ditambah lagi tadi udah ngos-ngosan saat melewati celah-celah batu di sebelah timur.

IMG_2128

Keluar dari goa rasanya panas banget. Kita ke sana memang siang jam sebelasan. Jadi kita angin-angin dulu di gazebo yang banyak terdapat di sini. Anginnya sepoi-sepoi segar banget. Kalau dibuat wisata outbond di sini kayaknya bakalan asyik. Seru tempatnya kan wilayah perbukitan masih daerah kota pula. Seru banget. Jadi perlu lebih di eksplore lagi supaya semakin banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke tempat ini.

Setelah melepas lelah barulah kita angkat kaki dari tempat ini. Sekian dulu cerita mengenai wisata Goa Lebar Sampang. Semoga bermanfaat…

0 thoughts on “Mengeksplore Wisata Goa Lebar Sampang

Terima kasih sudah komen :)