My Blogging Activity

Asiknya_NgeblogSumber gambar di sini

Aslinya tulisan ini mau ikutkan dalam blog competition Go for It di blognya Emak Gaoel yang deadlinenya tanggal 24 Oktober 2015 kemarin. Aku sih sudah selesai nulis pas tanggal itu karena memang aku dapet info pas deket-deket deadline. Tapi pas mau posting ternyata jaringan internetku gak bisa dikompromi. Laptop juga ikut-ikutan lemot. Sudah aku perjuangin sebisa mungkin ampek jam 11 malem tapi tetap aja gak berhasil. Dari pada nganggar di laptop jadi tetep mau aku posting. Lagian aku ikut lomba blog juga untuk mengasah kemampuan menulisku dan lebih aktif ngeblog.

“Be a blogger, be a writer.” Itu salah satu kalimat yang tertera dalam resolusiku di tahun 2015. Ngomong-ngomong tentang aktifitas ngeblogku, sekarang aku lagi semangat-semangatnya ikutan berbagai giveaway (GA) dan lomba blog (blog competition). Lihatlah time line twitter dan wall facebookku penuh dengan share info GA dan lomba blog.

Awalnya aku pikir blog itu cuma posting tulisan gitu aja. Tapi semakin ke sini aku jadi tahu kalau blog itu gak jauh beda sama sosmed lainnya. Bisa saling ngefollow antar sesama blogger. Bisa dapet penghasilan juga dengan ngeblog. Makanya aku jadi lebih semangat buat ikutan GA sama blog competition.

Sudah lumayan banyak GA yang aku ikuti. Tapi alhamdulillah sampai hari ini belum pernah menang (ngusap dada, hiks). Pertamanya kecewa banget dan sempat bikin males buat ikutan lagi. tapi masak iya belum apa-apa udah nyerah gitu aja. Namanya juga baru memulai jadi wajarlah kalau belum berhasil.

Untuk sekarang aku lebih banyak ikut GA dan blog competition yang ringan-ringan dulu. GA lebih simple, tinggal jawab pertanyaan tertentu di blog yang bersangkutan, udah. Dulu biasanya aku hunting dulu GA yang menarik. Kemudian aku catetin dulu apa aja syarat-syaratnya supaya lebih mudah buat memenuhinya. Biasanya sih follow akun sosmed pemilik blog, penulis buku dan penerbit yang bersangkutan. Kalau semuanya udah beres baru deh jawab pertanyaan semenarik mungkin. Tapi alhamfulillah sekarang sekali lyat info GA sudah bisa langsung bisa ikutan tanpa perlu nyatet-nyetet dulu. Ini sebuah kemajuan buatku.

PicsArt_1445697456514
Catetan GA

Kalau untuk blog competition cuma ikut tema-tema yang aku suka. Supaya feel buat nulis lebih dapet mengingat kemampuan menulisku masih minim, belum bisa menyelesaikan tulisan hanya dalam sekali duduk. Gak jauh beda dengan GA, aku catetin dulu persyaratannya, baru malemnya sepulang kerja aku fokusin buat nulis. Baru postingnya pas abis shalat subuh. Waktu yang paling strategis karena jam-jam segitu jaringan internet lebih cepet, hehe.

Selain itu aku juga ngelist GA dan blog competition apa aja yang pengen dan sudah aku ikuti dalam satu bulan. Ada beberapa manfaat yang aku dapatkan dengan membuat list kayak gini. Pertama untuk menentukan skala prioritas, blog mana yang deadlinenya paling deket juga lomba yang mana yang belum dikirim. Yang kedua untuk melihat tanggal pengumuman lomba. Yang ketiga untuk melihat seberapa banyak lomba yang sudah aku ikuti. Ini akan menjadi tolok ukur untuk mengikuti lomba lebih banyak di bulan berikutnya.

20151024_052503
List GA dan lomba blog bulan Oktober 2015

Karena aku lebih banyak ikutan GA jadi belum banyak aplikasi smartphone yang aku pakek. Paling cuma Picsart buat ngedit foto. Itupun aku pindah ke laptop dulu kalau mau diposting. Aku ngetiknya juga di laptop karena pakek smartphone agak sulit. Salah satu kendalanya smartphone yang aku pakek RAMnya kecil jadi masih sering lemot gitu. meskipun begitu harus tetap semangat buat ngeblog. Dengan begitu aku belajar bersabar dan berjuang lebih keras untuk mencapainya. Sukses itu butuh perjuangan kan. Kalau nanti dapet smartphone yang lebih memadai pengen deh pakek lebih banyak aplikasi buat ngeblog. Supaya aktifitas ngeblog lebih mudah dan bisa istiqomah, Aamin.

Aku sekarang lebih enjoy dalam ngeblog karena tidak terbebani dengan pikiran harus menang. Aku menikmati banget proses berburu GA ataupun lomba blog, tak peduli menang atau tidak. Pokoknya hunting, jawab/nulis, dan kirim jawaban, itu aja. Aku berpikir ikutan GA dan lomba blog adalah bagian dari proses untuk menjadi seorang blogger sejati, hehe. Bukankah sukses itu adalah proses itu sendiri?

2 thoughts on “My Blogging Activity

Terima kasih sudah komen :)