Road Trip Pamekasan-Bangkalan-Surabaya

Perjalanan ini sudah lama sekali berlalu. Tapi rasanya seperti punya hutang yang gak lunas-lunas kalau belum menuliskannya. sebuah trip bersama partner traveling terbaikku, Ila.

Jum’at, 01 Mei 2015

Kita sudah kayak alien lagi mengendarai motor. Pasalnya kita tak bisa melepas jas hujan selama perjalanan. Mulai dari Sampang hujan terus mengguyur, baru sampai di Patemon, Bangkalan hujan benar-benar berhenti. Tujuan pertama kita adalah Masjid Agung Bangkalan untuk shalat ashar. Empat tahun kuliah di UTM (Universitas trunojoyo Madura) belum sekalipun aku shalat di sana. Selesai shalat kita istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan ke Telang (daerah kampus UTM). Tak lupa foto-foto dulu dong buat kenang-kenangan. Secara belum tentu kita bisa balik lagi ke sini.

masjid-agung-bangkalan
Masjid agung Bangkalan

Karena sudah jam setengah 5 sore kita meninggalkan masjid. Sebelumnya kita mampir bentar di Stadion Gelora Bangkalan (SGB). Sore-sore gini SGB ramai banget. Bangunannya yang berwarna-warni menarik perhatian. Halaman depannya sangat luas dan menjelma menjadi pusat keramaian. Kita cuma berhenti untuk mengambil gambar. Selanjutnya kita teruskan perjalanan biar gak kemaleman nyampek Telang. Malemnya kita nginep di kos temennya Ila.

stadion-gelora-bangkalan stadion-gelora-bangkalan

Sabtu, 02 Mei 2015

pelabuhan-kamal pelabuhan-kamal pelabuhan-kamal

Jam 06.00 kita sudah berada di pelabuhan Kamal. Setelah mendapatkan tiket seharga 7 ribu untuk sepeda motor dan 5 ribu untuk perorangan, kami menunggu kapal merapat. Sengaja kita berangkatnya menyeberang lewat Kamal biar bisa bernostalgia naik kapal very seperti jaman-jaman dulu masih kuliah. Setelah duduk manis di atas kapal kita sarapan nasi bungkus yang dijajakan pedagang asongan. Nikmatnya sarapan di atas kapal dengan lauk sederhana berlatar lautan luas dan bentangan jembatan Suramadu di sebelah timur sana.

kamal-perak

Tanjung Perak, kita di sini. Saatnya petualangan dimulai. Masih sepeeti petualangan sebelumnya. Kita berpetualang mengelilingi Kota Surabaya Berbekal GPS dan ingatan-ingatan masa lalu tentang jalanan di Surabaya. Kita menyusuri jalanan Surabaya menuju museum House of Sampoerna di Jl. Taman Sampoerna No.6, Surabaya. Kita mau naik SHT (Surabaya harritage Track) yang mangkal di depan museum Sampoerna. Nantikan ceritanya setelah ini ya, karena agak panjang.

Puas mengelilingi Surabaya dengan SHT kita ke Balai Pemuda Surabaya. Di sana sedang berlangsung Islamic Book Fair 2015. Ada bedah bukunya juga tapi kita tak berniat ikut, waktunya sempit. Kita langsung masuk ke dalam buat hunting-hunting buku murah. Ila beli beberapa buku, sementara aku cukup beli 1 buku aja, novelnya Asma Nadia. Capek berkeliling, kita keluar buat shalat dluhur di masjid yang ada di belakang tempat ini. Aku baru sadar kalau ternyata kita memarkir motor tepat di depan Perpustakaan Umum Surabaya. Foto dikit ah, hehe.

Tujuan kita berikutnya adalah Toga Mas yang terletak di sebelah utara Kebun Binatang Surabaya (KBS). Ada beberapa buku yang tadi tidak kita temukan di Book Fair. Kita cukup sering ke sini kalau beli buku. Selain karena Cuma ini toko buku di Surabaya yang kita tahu. Harganya juga lebih murah dari tobu-tobuk lainnya. Jadi sudah cocok aja nyari buku ke sini.

Hari masih siang sekitar jam 2. Kita memilih untuk pulang, tapi bukan langsung ke Pamekasan. Melainkan balik ke Bangkalan tempat kita menginap tadi malam. Karena tadi berangkatnya lewat Kamal jadi pulangnya kita lewat jembatan Suramadu. Sebuah perjalanan selalu berkesan karena banyak hal baru yang kita temui.

Minggu, 03 Mei 2015

Pagi-pagi sekali kita sudah ada di kampus tercinta, Universitas Trunojoyo Madura. Ada banyak perkembangan di sini. Sudah ad ataman kampus di depan rektorat yang baru. Dulu waktu aku lulus bangunan berlantai 10 ini masih baru dioperasikan. Banguan-bangunan yang lain juga sudah labih banyak berdiri. Hari Minggu seperti ini kampus kelihatan ramai. Jadi rindu pengen kuliah lagi, hehe. Biar kangennya terobati jadi kita puas-puasin foto-foto di sini. Setelah itu baru kita pulang deh. Sampai jumpa lagi kampus tercintaku 🙂

universitas-trunojoyo-madura universitas-trunojoyo-madura  universitas-trunojoyo-madura universitas-trunojoyo-madura

6 thoughts on “Road Trip Pamekasan-Bangkalan-Surabaya

Terima kasih sudah komen :)