Rujak Soto

Rujak adalah salah satu jenis makanan tradisional yang sangat mudah ditemui di Jawa timur termasuk di daerahku, Pamekasan. Kali ini mau posting salah satu jenis makanan tersebut yaitu rujak soto. Kalau hasil serching dari om google sih rujak soto itu katanya berasal dari Banyuawi. Di sini aku ingin menulis tentang rujak soto berdasarkan versi di tempat tinggalku.
Awalnya aku mengenal rujak soto ini waktu main ke rumah temenku, masih daerah Pamekasan juga sih. Di rumah sebenarnya ada orang yang jual rujak sekaligus jual soto. Tapi biasanya kalau gak beli rujak ya beli sotonya. Nah di rumah temenku rujak sama soto digabung jadilah rujak soto. Jadi kapan hari itu aku nyoba di rumah beli rujak terus dikasih kuah soto.

Rujak soto
Rujak soto

Rujak soto ini gak berbeda dengan rujak biasanya hanya dikasih tambahan kuah soto. Rujak di sini lebih sederhana, pakek bumbu kacang dan gak pake cingur. Oke kita bahas rujaknya dulu ya. Bumbu yang diulek ada kacang goreng, pisang klutuk, tomat, garam, penyedap, gula, petis, dan yang gak boleh ketinggalan cabe (sesuai keinginan). Sambil dikasih air secukupnya. Kalau sudah diulek bahan-bahan yang lainnya dimasukkan yaitu timun, tahu goreng yang dipotong-potong, sayur-sayuran biasanya bayam atau kangkung dan toge, serta kripik tette (kripik khas madura, terbuat dari singkong yang di pipihkan). Diaduk-aduk sampai bumbunya tercampur dengan semua bahan. Kalau sudah kemudian ditaruh didalam mangkok. Ditambahkan kripik khusus soto yang kriuk-kriuk, soun kemudian disirami kuah sotonya. Hummmm yummyyyy……
Langsung siap disantap. Rasanya maknyus. Bumbu kacang sama kuah sotonya nyatu banget. Gurih.

Kalau masalah harga gak usah khawatir. Murah banget cuma empat ribu rupiah.

Terima kasih sudah komen :)