Taman Tectona, Eduwisata yang Multifungsi di Sumenep

taman-tectona
Welcome in Taman Tectona

Matahari sedang terik-teriknya bersinar. Aku dan Mbak Leha memutuskan untuk meninggalkan Boekit Tinggi, rasanya kita udah lama banget duduk-duduk di Gazebo. Setelah ini kita masih akan ke Sumenep Kota menemui temennya Mbak Leha yang udah lama gak ketemu. Di Perjalanan, kita melihat sebuah tempat yang cukup rame seperti sebuah tempat wisata. Kita berhenti sebentar di seberang keramaian itu, membaca sekilas nama “Taman Tectona” tercetak di umbul-umbul yang berkibar-kibar tertiup angin. Taman Tectona kayaknya gak terlalu asing deh, aku pernah beberapa kali melihatnya di instagram. Yaudah, setelah melalui berbagai pertimbangan akhirnya kita memutuskan mampir dulu ke Taman Tectona. Udah kadung nyampek sini, sekalian aja kan. Lagian Temennya Mbak Leha masih janji ketemu abis sore nanti.

taman-tectona

Aku kira Taman Tectona sama kayak taman-taman sejenis ruang terbuka hijau gitu, ternyata ekspektasiku keliru. Di bagian depan, logo dan brand Taman Tectona menyambut para pengunjung yang datang. Oke kita masuk setelah membayar tiket di loket depan. Pandanganku langsung tertuju pada kursi malas warna ungu tergantung pada besi penyangga yang instagramable banget. Di sini berasa di teras rumah sendiri, meja kecil dan vas bunga cantik di atasnya menemani dengan setia. Ada musholanya juga di situ. Aku melihat-lihat ke seluruh penjuru dan masih bertanya-tanya tentang konsep yang diusung tempat ini. Biar gak tambah penasaran yuk mulai eksplore, ada apa aja di Taman Tectona? Continue reading “Taman Tectona, Eduwisata yang Multifungsi di Sumenep”

View Alam yang Hijau di Boekit Tinggi Daramesta

boekit-tinggi

Boekit Tinggi namanya. Bukan, bukan nama kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat itu loh ya. Boekit tinggi yang aku maksud di sini adalah salah satu objek wisata yang ada di Desa Daramesta Kec. Lenteng Kab. Sumenep. Yang ngaku orang Madura pasti bakalan tahu dong sama objek wisata yang lagi ngehits ini. Secara gambar-gambarnya banyak sekali bertebaran di jagat Instagram kan. Aku udah pernah ke sana 03 April 2016 lalu. Udah lama banget ya tapi baru sempet menuliskannya. Awalnya aku berencana ke sana bersama beberapa teman tapi pada akhirnya cuma aku sama Ulva yang  jadi berangkat. Yang lainnya? Entahlah. Berduapun tetap seru kok, apalagi Ulva partner traveling yang asyik.

Matahari siang itu begitu terik bersinar di atas kepala. Setelah memarkir motor sebesar Rp. 3000 kita berjalan memasuki area wisata Boekit Tinggi. Tidak ada biaya masuk alias gratis saat masuk ke sini. Awalnya aku pikir Boekit Tinggi ini hanyalah sebuah tempat yang bagus untuk menikmati hijaunya alam Sumenep dari ketinggian. Seperti halnya bukit kapur yang ada di Blumbungan dan Nong Tengnga di Kadur Pamekasan. Namun ternyata aku salah, tempat ini memang sengaja dikelola menjadi sebuah tempat wisata dengan pengelolaan yang sangat baik. Fasilitas kamar mandi, mushola, juga kios penjual makanan juga sudah tersedia. Continue reading “View Alam yang Hijau di Boekit Tinggi Daramesta”

Mercusuar Tanjung Saronggi Sumenep, another Mercusuar in Madura

mercusuar-tanjung

Temenku pernah ngirimin foto via bbm hasil screenshoot dari instagram. Sebuah foto yang menggambarkan beberapa orang sedang selfie di atas mercusuar dengan latar lautan luas. Ingatanku langsung tertuju pada Mercusuar Sembilangan yang ada di Bangkalan. Aku pernah ke sana waktu awal-awal kuliah. “Menara Suar Tanjung, Saronggi”, begitu yang tertera di keterangan lokasi foto tersebut. Itu artinya ada mercusuar lain selain mercusuar Sembilangan di Bangkalan. Aku langsung tertarik buat mengunjungi Mercusuar Tanjung Sarongggi, Sumenep ini karena letaknya tidak terlalu jauh. Langsung deh searching rute lalu cus. Continue reading “Mercusuar Tanjung Saronggi Sumenep, another Mercusuar in Madura”

Menemukan Spot Favorit di Pantai Toraja

pantai-toraja

Beberapa waktu lalu (Minggu, 07 Agustus 2016) saat merasakan rindu pada pantai aku dan Ulva memilih Pantai Toraja di Sumenep untuk kita kunjungi. Namanya belum sefenomenal Pantai Lombang dan Pantai Slopeng. Aku lebih suka mengunjungi tempat baru yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. Seperti traveling sebelum-sebelumnya kita ke Pantai Toraja naik motor. Selain karena gak tahu cara naik angkot ke sana juga biar lebih praktis. Bisa mengunjungi beberapa tempat lainnya di Sumenep dengan lebih mudah.

pantai-toraja

Pantai Toraja terletak di Desa Romben Barat Kec. Dungkek Kab. Sumenep. Rute menuju Pantai Toraja dari Sumenep Kota lurus aja ke utara sampek notok dan berbelok ke arah timur arah menuju Pelabuhan Dungkek. Sampai di desa Romben Barat kita pelan-pelan aja nanti di kanan jalan ada gapura sederhana dari bambu yang beratap jerami. Nah itu artinya kita sudah sampai di Pantai Toraja. Continue reading “Menemukan Spot Favorit di Pantai Toraja”