Tentang Persahabatan, Cinta, dan Mimpi 5 Cm

film-5-cm-5-sahabat-sutradara-rizal-mantovani
Negeri di atas Awan

   Tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya

Kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya

Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya

Leher yang akan lebih banyak melihat ke atas

Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja

Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya

Serta mulut yang akan terus berdoa

                Tentu tidak asing lagi kan dengan quote di atas. Secara filmnya udah booming banget di tahun 2012. Iya apa lagi kalau bukan film 5 Cm. Film yang inspiratif dengan banyak quote yang memotivasi. Aku suka banget film ini, pemainnya keren-keren. Ada Herjunot Ali, Fedi Nuril, Raline Syah, Densu alias Deni Sumargo, Igor Saykoji dan Pevita Pearce.

Selalu bersama tanpa melewatkan satu weekendpun buat nongkrong bareng selama 10 tahun. itulah mereka, makhluk bernama Manusia dengan karakternya masing-masing. Zafran dengan puisi-puisi dan syair-syairnya. Arial dengan tubuh atletisnya yang demen banget sama kecap, tapi kalau untuk urusan cewek dia jadi kaku. Genta, jiwa kepemimpinannya yang sangat kuat. Riani makhluk paling cantik diantara mereka yang smart dan tegas. Nah yang paling unik nih ada Adrian Adriano alias Ian, paling menonjol karena tubuhnya yang besar. Suka main game, gemar makan indomie, dan satu lagi kebiasaan yang kurang baik (gak usah disebutin ya).

5cm_2
Gak lengkap rasanya tanpa Ian

Suka banget lihat persahabatan mereka ber 5 yang begitu akrab. Saling bercanda kalo lagi ngumpul. Jadi inget sahabat-sahabatku di jaman putih abu-abu dulu. Kita bertujuh kemana-mana selalu bersama. Dan meskipun udah hampir 6 tahun berpisah tapi sesekali kita ngumpul. Memang tak bisa sesering dulu karena udah pada berkeluarga. Tapi kita tetap menjaga silaturrahmi.

Aneh juga ketika mereka sepakat untuk tidak ketemu dulu selama 3 bulan. Selama waktu itu mereka menyibukkan diri dengan kegiatan masing-masing. Yang paling menarik menurutku adalah Kegiatan Ian dalam menyelesaikan skripsinya. Karena memang dia sendiri yang belum lulus. Di situ aku melihat bagaimana perjuangan seorang Ian dengan lika-likunya menyelesaikan tugas akhirnya. Ngetik di depan computer tanpa lelah, membaca buku, dan hambatan yang paling berat ketika kesulitan mendapatkan data. Dan ketika Ia hampir menyerah Tuhan mengirimkan seseorang yang meminjam dongkrak mobil sebagai perantara untuk mengisi kuesionernya. Setiap kerja keras yang kita perjuangkan, Tuhan pasti akan menjawabnya. Aku juga pernah mengalami hal yang sama kayak Ian. Karena tidak bisa mendapatkan data, aku harus ganti variable yang artinya harus merombak semuanya dan survey ulang. Tapi Alhamdulillah akhirnya aku lulus dengan nilai yang sangat memuaskan.

Dan untuk merayakan pertemuan mereka kembali. Genta si EO berbakat sudah merancang suatu perjalanan yang tidak terlupakan oleh sahabat-sahabatnya. Perjalanan yang menjadi inti dari film ini, mendaki Mahameru. Sebelum mereka bertemu Genta sudah mengingatkan dan memberitahu apa-apa saja yang perlu mereka bawa.

Dari situlah mimpi mereka terbit. Mimpi mencapai puncak Mahameru. Seperti yang mereka katakan, Mendaki Mahameru bukan hanya perjalanan alam tapi perjalanan hati. Keren, Keindahan alam pulau tertinggi di jawa ini bikin siapapun jadi pengen mendaki gunung. Apalagi bagi mereka yang sama sekali belum pernah naik gunung. Meskipun banyak hal yang merintangi mereka tetap bersemangat sampai puncak. Dan betapa bangganya mereka ketika perjuangan mereka berujung di puncak Mahameru, Negeri di atas awan.

images3
“Salah satu keindahan di dunia ini yang akan selalu dikenang adalah ketika kita bisa melihat atau merasakan sebuah impian menjadi kenyataan.” -5 Cm-

“taruh mimpimu disini(kening) biarkan dia mengambang.. mengantung 5 centimeter di depan kening kamu. Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu. Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari, kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa. Apa pun hambatanya, bilang sama diri kamu sendiri, kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu nggak bisa menyerah. Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh, bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu, segala keinginanmu, mimpi, cita-cita, keyakinan diri”

Inilah rahasia mereka bisa sampai dipuncak menkipun dengan perjuangan yang tidak mudah. Mereka percaya pada mimpi-mimpi mereka. Itu saja. Begitupun denganku aku juga harus mempercayai mimpiku. Menaruhnya 5 Cm di depan kening, biarkan ia menggantung, dan berusaha untuk mewujudkannya. Saat ini aku baru belajar menjadi seorang blogger. Baru belajar ikutan giveaway. Beberapa kali ikut tapi belum sekalipun menang. Kecewa itu pasti lah bahkan aku malah pernah jadi males buat ikutan Giveaway lagi. Itu karena aku selalu mengharapkan kemenangan. Tapi jika aku menyerah maka usailah semua mimpiku. Dari situ semua aku belajar untuk kembali berdiri lagi meskipun sudah berkali-kali jatuh. Sekarang aku tidak berpikir lagi untuk menang. Aku ikutan GA untuk mengasah kreativitas dan kemampuan menulisku. Hunting GA, tulis, posting, lupakan. Itu saja, kalau nanti aku menang, anggap aja itu bonus dari kerja kerasku, hehe. Itu saja.

Tentang cinta, sudah bukan rahasia lagi kalau akhirnya Riani jadinya sama Zafran bukan Genta yang jelas-jelas menyukainya. Riani pinter banget nyimpen rahasia hatinya persis banget sama soundtrack lagu yang dinyanyikan Nidji. Setuju banget Riani. Tos dulu yuk, hehe.

images2

Tentang Persahabatan yang sangat dekat, tetap terjaga sampai kapanpun. Tentang cinta yang terpendam. Dan tentang mimpi yang begitu kuat membuat film ini sangat berkesan buat aku.

GA Film

“Postingan ini diikutsertakan dalam Evrinasp Second Giveaway: What Movie are You?”

2 thoughts on “Tentang Persahabatan, Cinta, dan Mimpi 5 Cm

Terima kasih sudah komen :)