Wajah Baru Bukit Brukoh Pakong Pamekasan

bukit-brukoh

 

Nama Bukit Brukoh mungkin terdengar baru di Pamekasan. Awal tahun 2017 aku penasaran waktu lihat berita online tentang kunjungan beberapa pesepak bola Madura United ke Bukit Brukoh. Setelah searching sana sini ternyata Bukit Brukoh tak lain dan tak bukan adalah “Pemancar”. Begitu orang menyebut tempat ini dulunya karena memang terdapat pemancar saluran TVRI di bukit ini. Sayangnya tempat ini terkesan kurang baik karena seringnya ditemukan muda-mudi yang melakukan hal-hal kurang baik (you know lah). Tapi itu dulu, semenjak dikelola dengan lebih baik Bukit Brukoh perlahan menghapus citra buruk tersebut dan mulai membangun citra baiknya.

            Tak mau kalah dengan tempat wisata lainnya di Madura, Bukit Brukoh terus dikembangkan. Tempat ini terus bersolek mendandani dirinya dengan spot-spot kece untuk menarik para pengunjung. Dan Waktu libur lebaran kemarin Bukit Brukoh menunjukkan wajah barunya yang semakin cantik. Banyak foto-foto wisata Bukit Brukoh berseliweran di timeline medsos temen-temenku. Bukit Brukoh mulai mencapai ketenarannya, terlihat sangat-sangat ramai oleh pengunjung.

            Sudah tak terhitung berapa kali aku ke Bukit Brukoh dan setiap kali itu pula dengan orang yang berbeda dan tentu dengan cerita yang berbeda pula. Pertama kali ke sini aku bareng sama si Adek buat mengobati rasa penasaran aja tentang tempat ini. Waktu itu kita cuma sebentar karena cuacanya dingin banget sehabis hujan. Udah kayak di puncak anginnya kenceng banget, aku hampir menggigil makanya gak lama-lama. Saat itu awal-awal pengembangan Bukit Brukoh udah cukup banyak wisatawan yang berkunjung.

Spot Instagramable di Bukit Brukoh

            Beberapa waktu lalu aku ke sini bareng sama temen-temen kantor rame-rame. Bukit Brukoh sudah dengan wajah barunya. Ada banyak spot-spot instagramable buat latar selfie atapun swafoto. Yang paling aku suka adalah pintu masuknya berupa papan kayu warna hijau yang tergantung melintang antara 2 pohon besar dengan tulisan “Welcome to Brukoh Hill”. Sederhana tapi sejak pertama sampai aku langsung suka. Jika berfoto di sini lagit biru cerah diselingi pepohonan hijau menjadi latarnya.

 

bukit-brukoh

            Sepanjang jalan dari pintu masuk ada banyak sekali papan kayu dengan tulisan-tulisan khas Bukit Brukoh semisal “Selamat Datang di Bukit Brukoh”, “Cintamu Tak Seindah Bukit Brukoh”, “Lets Go Green Together”, dan masih banyak jargon-jargon khas lainnya.

bukit-brukoh bukit-brukoh

            Ada beberapa spot lain yang gak boleh dilewatkan buat background foto saat ke sini. Tulisan Iconic “Bukit Brukoh” asyik banget buat foto bareng-bareng, menyebar di masing-masing hurufnya. Pemancar yang aku sebutkan tadi berdiri kokoh tak jauh dari tulisan iconic ini. Ada payung-payung menggantung mempercantik nuansa alam Bukit Brukoh. Icon berbentuk love sekarang lagi hits banget di semua tempat wisata tak terkecuali di sini. Yang menjadi khas bentuk love di Bukit Brukoh dibangun semacam pahatan dari batu. Bagian tengahnya ada lubang berbentuk love kecil.

bukit-brukoh bukit-brukoh bukit-brukoh bukit-brukoh

 

            Di bagian paling atas sudah dibuatkan anak tangga menuju spot semacam taman gitu. Pas kita ke sana belum dibuka karena semennya masih basah. Di tepian bukit sudah dibangun pagar untuk keamanan pengunjung berwarna pink, girly banget. Di depan pintu masuk pemancar ada logo TVRI dan tempat sampah yang unik berbentuk seperti pangkal pohon besar yang baru ditebang. Dulunya ada ayunan yang asyik banget buat foto berlatar perbukitan tapi pas kita ke sana kok udah tak terlihat ya.

bukit-brukoh

            Dari ketinggian Bukit Brukoh ini pemandangan sangat indah. Di suatu sisi kita dapat melihat hamparan sawah dan perumahan penduduk di bawah bukit. Ada beberapa bukit lain yang terlihat cukup dekat dari sini sementara di kejauhan sana deretan bukit-bukit menghijau. Cuaca di sini adem dan rindang karena banyaknya pohon-pohon besar yang menaungi. Aku sih betah berlama-lama di sini asalkan tidak terlalu ramai pengunjung.

Rute Menuju Bukit Brukoh

            Letak Bukit Brukoh sangat strategis menurutku. Kalau dari Pamekasan Kota tinggal ke arah utara menuju Kecamatan Pakong. Berjarak sekitar 23 KM, jalannya sudah mulus meski sedikit menanjak dan berkelok. Nanti akan ketemu pertigaan, kalau ke kiri ke Pegantenan kalau ke kanan menuju Guluk-guluk Sumenep. Pilih belok kanan aja terus lurus jangan belok-belok. Nanti akan ketemu masjid di kanan jalan di depannya ada pertigaan dengan plang bertuliskan “TVRI SATUAN TRANSMISI GUNUNG BRENGIK”. Di situ belok kanan dan lurus hingga sampai di Bukit Brukoh. Di sini kita melewati jalan ala desa yang sudah beraspal tapi di satu titik ada jalan yang rusak cukup parah. Jadi harap lebih hati-hati saat berkendara.

bukit-brukoh

            Nah itu rute kalau dari Pamekasan Kota, beda lagi rute kalau dari rumahku. Kamu bisa abaikan rute yang ini, sayang aja kalau gak aku ceritakan karena ini perjalanan paling berkesan sepanjang kunjunganku ke Bukit Brukoh. Ada 2 jalur yang bisa kita lewati kalau dari rumahku. Salah satunya jalan yang belum pernah kita lalui sama sekali. Aku sama adek memilih jalur ini alasannya buat pengalaman baru. Dan apa yang terjadi? Kita harus banyak bertanya pada orang sekitar karena banyak jalan bercabang yang membingungkan. Belum lagi jalannya rusak dan licin sehabis hujan. Tapi perjalanan ini benar-benar seru, tersesat dan terus mencari jalan yang benar adalah seni dalam sebuah perjalanan menurutku. Kita juga dapat bonus, berjumpa beberapa air terjun mini karena waktu itu lagi musim penghujan. Dan yang paling seru sesaat sebelum sampai di Bukit Brukoh kita melewati jalan yang menanjak banget. Sumpah ini tanjakan terjal banget sampek motor yang kukendarai rasanya berdiri. Aku aja nyetir udah gak mikir, yang penting tancap gas aja dan konssentrasi saat ada belokan di depan. Dan saat tiba di Bukit Brukoh rasanya lega banget. Kalau mau uji adrenalin kamu bisa lewat jalan ini.

Tiket Masuk Wisata Bukit Brukoh

            Ketika sampai di Bukit Brukoh kita cukup membayar sebesar Rp. 5000 per motor di bagian bawah. Terus kita mengikuti jalan berkelok ke bagian atas hingga sampai ditempat parkir. Di sini ada beberapa pedagang yang menjual aneka minuman dan jajanan. Kalau mau beli-beli di sini aja karena saat masuk tak ada penjual makanan dan minuman di atas. Dari tempat parkir kita berjalan sebentar hingga pintu masuk dan kita bebas menikmati keindahan Bukit Brukoh, sampai tempat ini tutup sore hari juga boleh kok.

bukit-brukoh
Tower pemancar TVRI

Jam Operasional Bukit Brukoh

Wisata Bukit Brukoh buka setiap hari mulai pukul 09.00-16.30. Aku pernah ke sini jam setengah 5 lewat sedikit dan itu sudah gak boleh masuk. Banyak pengunjung yang terpaksa pulang dengan tangan hampa. Kalau aku sih tinggal balik aja kapan-kapan, kasihan sama yang rumahnya jauh. Kenapa tempat wisata ini tidak dibuka sampai malam alasannya untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar. Menghindari terjadinya kemungkinan pengunjung melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Harapan untuk Bukit Brukoh

bukit-brukoh

            Menurutku Bukit Brukoh saat ini cocok banget buat alternative liburan akhir pekan. Buat masyarakat Pamekasan Kota bisa melipir sejenak ke arah utara untuk menghirup udara segar perbukitan. Cocok buat piknik menghabiskan kebersamaan dengan keluarga. Tempatnya rindang dan sejuk.

            Kabar baiknya sebentar lagi akan dibagun kafe di dekat pemancar. Aku berharap Wisata Bukit Brukoh akan terus dikelola dengan lebih maksimal karena menurutku tempat ini sangat potensial untuk dikembangkan. Memiliki pemandangan alam yang indah, tempat yang strategis, dan masih banyak tanah kosong di sekitar yang bisa dikelola dengan lebih baik. Pasti bakalan seru banget kalau ada semacam outbond, menambah wahana edukasi untuk anak-anak dan memperbanyak spot-spot instagramable yang lebih kece. Jaman sekarang ketika demam selfie menjalar, spot yang instagramable menjadi daya tarik utama dari sebuah tempat wisata. Aku pribadi sangat berharap Wisata Bukit Brukoh akan menjadi wisata andalan di Pamekasan yang dapat meningkatkan perekonomian Kabupaten Pamekasan khususnya bagi warga sekitar bukit Brukoh. Menjadi wisata yang asyik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

 

3 thoughts on “Wajah Baru Bukit Brukoh Pakong Pamekasan

Comments are closed.