Wisata Alam yang Instagramable di Jogja, Jurang Tembelan

Kamu sudah punya rencana berlibur ke Jogja? Kalau kamu lagi nyari destinasi wisata buat dikunjungi, ada satu rekomendasi nih. Coba deh ke Jurang Tembelan. Jurang Tembelan sekarang jadi salah satu tempat wisata popular yang ada di Yogyakarta. Lokasinya gak seberapa jauh dari kawasan wisata Kebun Buah Mangunan. So, kalau kamu mau, abis dari Jurang Tembelan bisa banget lanjut ke Kebun Buah Mangunan.

Lokasi Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari pusat kota Yogyakarta jarak yang harus ditempuh sekitar 22 kilometer dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam. Karena lokasinya cukup jauh, baiknya sih membawa kendaraan pribadi aja untuk sampai ke Jurang Tembelan. Kalau memang gak bawa kendaraan pribadi gak usah khawatir, kamu bisa menggunakan jasa sewa mobil OMOcarsJogja yang letaknya berada di sekitar pusat kota Jogja.

Rute menuju Jurang Tembelan cukup mudah, tinggal berpatokan aja pada area gerbang masuk Gardu Pandang Mangunan. Nah, dari situ udah keliatan papan petunjuk menuju Jurang Tembelan. Kalau bawa kendaraan pribadi, sebaiknya harus hati-hati ya karena jalan menuju daerah Mangunan cukup terjal apalagi pas musim penghujan. Kondisi jalan jadi lebih licin, jadi pastikan kendaraanmu dalam kondisi fit dan baik-baik saja saat ke Jurang Tembelan.

Sumber gambar : berkeliling.com

Meski masih tergolong baru, Jurang Tembelan punya potensi wisata yang sangat menarik. Apalagi buat kamu para pemburu selfi yang selalu mencari spot-spot instagramable, wajib datang ke Jurang Tembelan ini, Pengelola wisata Jurang Tambelan sudah membangun beberapa spot selfi menarik di lokasi wisatanya. Salah satu spot foto unik yang banyak menarik perhatian pengunjung adalah kapal kayu yang menggantung di tebing. Ditambah dengan view ngarai dan perbukitan yang di penuhi tanaman hijau. Pasti feed instagram kamu bakal tambah ciamik kalau berfoto di spot satu ini.

Selain itu kamu juga bisa menikmati sunrise di Jurang Tembelan. Cuma memang agak susah dapetin sunrise yang sempurna di Jurang Tembelan karena biasanya kabut dan awan selalu turun terutama saat musim hujan. Jadi, kalau kamu ingin melihat sunrise sebaiknya datang saat musim kemarau aja.

Untuk masuk ke Jurang Tembelan pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, kamu cuna perlu membayar parkir sebesar Rp 2.000 – Rp 4.000 untuk motor. Fasilitas yang ditawarkan Wisata Jurang Tembelan yaitu ada dua gardu pandang, Gazebo sebagai tempat beristirahat, Warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman, dan tempat parkir yang aman. Jadi kamu gak perlu khawatir kelaparan selama di sini. Soal penginapan kamu bisa nyari di sekitar Kebun Buah Mangunan atau di pusat Kabupaten Bantul.

Sayangnya puncak Jurang Tabelan terbilang cukup sempit, jadi kalau kamu datang saat musim liburan, maka harus lebih bersabar untuk berbagi dengan wisatawan lainnya.

Gimana, tertarik untuk mengunjungi Jurang Tembelan? Yuk atur tanggal liburanmu sekarang juga! Pastikan waktu yang kamu pilih gak barengan sama libur panjang anak sekolahan ya. Karena biasanya lokasi ini cukup sering dikunjungi sama dedek-dedek gemes yang masih SMP atau SMA saat hari libur.

3 thoughts on “Wisata Alam yang Instagramable di Jogja, Jurang Tembelan

  1. Aku pernah ke Jurang Tembelan naik taksi onlen kemudian pulangnya naik ojek. Aduh, nggak banget. Andai waktu itu aku tahu ada rental mobil yang bisa lepas kunci. Makasih sharingnya mba. Aku lapor suami, nti kalau ke Yogya lagi biar gampang jalan-jalannya.

Terima kasih sudah komen :)