Wujudkan Mimpi Menulis dengan Smart Writer

Menjadi seorang penulis adalah mimpiku. Tapi mimpi saja tidak cukup, perlu perjuangan keras untuk mewujudkannya. Sudah menjadi rahasia umum kalau rumus untuk menjadi penulis itu ya menulis, menulis, dan menulis. Aku tidak pernah menyangsikan rumus itu. Tapi yang namanya semangat menulis kenyataannya sering kembang-kempis. Hari ini nulis, beberapa waktu kemudian gak nulis. Kemudian belajar nulis lagi lama-kelamaan berhenti nulis lagi. begitu seterusnya. Mungkin itu sebabnya kenapa sampai hari ini aku belum juga jadi penulis. Kalau gini terus kapan bisa jadi penulisnya?

Beberapa kali nulis cerpen tapi belum berani ngirim ke media. Kata temenku cerpennya masih hambar kurang bumbu-bumbunya. Udah pernah nulis cernak dan nyoba ngirim ke media tapi semuanya ditolak, hiks. Kadang di situ semangat menulis jadi down. Ya, mungkin aku tak cukup keras memperjuangkan mimpiku. Padahal menulis itu butuh konsistensi dan tidak mudah menyerah menghadapi tantangan.

Kalau liyat para penulis mempromosikan bukunya yang baru terbit rasanya mupeng banget. Pengen juga dong nerbitin buku. Mendapati namaku tertera di sampul depan sebuah novel itu adalah keinginan yang sejak lama terpendam. Pengen banget menghasilkan karya dengan menulis. Karena tulisan itu abadi dan tak lekang oleh waktu. Bisa membagikan manfaat melalui tulisan yang kita buat tentu anugerah yang tak terhingga. Karena sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Bagaimanapun mimpi menjadi penulis tidak akan pernah terwujud kalau semangat menulis masih naik-turun. Dan untuk itu aku pikir perlu bergabung dengan kelas menulis online Smart Writer. Sebuah Kursus menulis yang dimentori oleh Mbak Riawani Elyta dan Mbak Leyla Hana, 2 penulis ternama yang tulisannya sudah diterbitkan penerbit nasional ternama seperti Gramedia Pustaka Utama, Gagas Media, Mizan. Sepak terjang kedua mentor ini gak perlu diragukan lagi. Sudah banyak sederet buku dan prestasi yang mengisi profil mereka.

Lihat saja nih profil kedua mentor Smart Writer:

Riawani Elyta

Telah menghasilkan 15 novel dan 2 buku duet non fiksi. Saat ini juga bertindak sebagai admin komunitas menulis online Be A Writer Community. Penghargaan lomba menulis yang pernah ia raih, antara lain: Pemenang I Resensi Buku Indiva (2008), Pemenang II Sayembara Cerber Femina (2008), Pemenang Harapan Sayembara Cerber Femina (2009), Pemenang Hiburan Feature Ufuk Dalam Majalah Ummi (2009), Pemenang Favorit Lomba Menulis Cerpen Remaja Rohto-Lip Ice (2010), Pemenang II Sayembara Novel Inspiratif Indiva (2010), Pemenang I Lomba Novel Remaja Bentang Belia (2011, bersama Shabrina WS), Pemenang Berbakat Lomba Novel Amore Gramedia (2012), dan Pemenang Unggulan Novel Inspiratif Indiva (2014).

Leyla Hana

Telah menghasilkan 20 novel, 6 buku nonfiksi, dan beberapa buku antologi. Penghargaan menulis novel yang pernah diperoleh adalah Juara II Sayembara Menulis Novel Remaja Gema Insani Press (2002) dan Juara III Sayembara Menulis Novel Inspiratif Pro U Media (2009). Pendiri komunitas penulis Be a Writer (@BAWCommunity) ini juga seorang blogger yang beberapa kali memenangkan lomba blog.

Kita bisa milih nih paket kelas mana yang mau kita ambil. Nyesuain sama budget lah.

  • Kelas standard, investasi 300.000,- waktu maksimal 2 bulan
  • Kelas reguler, investasi 450.000,- waktu maksimal 4 bulan
  • Kelas eksklusif, investasi 650.000,-,waktu maksimal 6 bulan
  • Kelas super eksklusif, investasi 900.000,- waktu maksimal 9 bulan

Kelas private menulis kayak gini akan membuat semangat menulisku on terus. Secara sistem belajar di sini runut banget. Akan dikasih modul sebagai acuan yang berisi tahapan-tahapan dalam menulis sebuah novel. Dari modul itu kita belajar dan praktik langsung setiap tahapan menulis novel. Setiap tahapannya ada deadline pengumpulan tugas. Tidak tugas yang kita kumpulkan akan dikoreksi dan dikasih waktu buat revisi. Kalo udah kayak gitu mau tidak mau harus lebih bersemangat menulis supaya tidak ketinggalan deadline.
Simak sistematikanya nih:

  1. Bimbingan privat penulisan novel dan komunikasi antara mentor dan peserta diselenggarakan melalui email.
  2. Modul materi yang berisi bimbingan penulisan novel akan dikirim ke email peserta, dan peserta akan dibimbing untuk menulis novel sesuai tahapan-tahapan di dalam modul tersebut. (Contoh : tahap I Modul perumusan tema).
  3. Setiap tahapan memiliki batas waktu yang harus diikuti oleh peserta. (Contoh : tahap I waktu maksimal dua minggu). Selanjutnya peserta mengirim hasil pengerjaan modul ke email mentor, mentor akan mengoreksi dan memberi masukan untuk diperbaiki.
  4. Waktu untuk mentor mengoreksi dan memberi masukan, selambat-lambatnya seminggu setelah peserta mengirim hasil pengerjaan modul ke email mentor.
  5. Waktu untuk peserta merevisi pengerjaan modul, maksimal satu minggu setelah mentor mengirim masukan perbaikan ke email peserta. Lewat dari waktu ini, bimbingan akan dilanjutkan ke modul berikutnya
  6. Jika ada pertanyaan terkait materi, peserta boleh mengajukan pertanyaan ke email mentor : riawanielyta@gmail.com cc. leyla_hana@yahoo.com
  7. Jika karena sesuatu alasan yang mendesak, waktu pengerjaan modul dan revisi tidak dapat memenuhi tenggat waktu yang telah ditetapkan, waktu akan diperpanjang sesuai kesepakatan dalam batas yang sewajarnya.

Wah seru ya kalo belajar nulisnya ada yang ngedampingi gini, mentor ahli lagi. Bakalan bisa nih nyelesain satu novel. Smart Writer akan menjadi jawaban untuk dapat segera mewujudkan mimpi menjadi seorang penulis. Yah syaratnya harus terus bersemangat dan menjaga konsistensi menulis. Bener gak?

giveaway-smart-writer

2 thoughts on “Wujudkan Mimpi Menulis dengan Smart Writer

  1. Ntar klo udah pandai nulis ajarin saya dong mbak. Sekali-kali posting tentang tips menulis buat saya. Dan yang penting Gratis ha ha ha……

Terima kasih sudah komen :)